Koperasi di Dogiyai Harus Dikelola Serius

0
1119

DOGIYAI, SUARAPAPUA.com — Didimus Tebai, ketua Koperasi Kopi St. San Isodor Moanemani, Kabupaten Dogiyai, Papua, mengatakan, kehadiran sebuah koperasi sangat penting manfaatnya bagi masyarakat jika dikelola dengan tekun, serius dan bagus administrasinya.

Hal ini diungkapkan saat hadir sebagai pemateri ketiga pada kegiatan Bina Koperasi yang diadakan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Kabupaten Dogiyai, Jumat (9/9/2016) di aula Pemda Dogiyai.

“Kita harus bangun koperasi dengan tekun. Setelah dirikan harus dipertahankan untuk sejahterakan anggotanya,” ujar Tebai.

Baginya, kegiatan bina koperasi ini penting agar membangkitkan kembali koperasi yang ada di Kabupaten Dogiyai.

- Iklan -

Di kesempatan itu, ada dua hal penting yang ia sampaikan. “Koperasi jangan dijadikan “Kuperasi”. Kedua, koperasi harus dikejar, direbut, dan dipertahankan,” kata Tebai.

Anton Agapa, kepala bidang koperasi pada Dinas Perindagkop, mengatakan, orang asli Papua (OAP) selalu berjuang untuk bangkitkan ekonominya, tetapi selalu macet.

“Itu sudah biasa terjadi. Yang penting, jangan kita menyerah. Kita harus terus berjuang membuat terobosan,” kata Anton.

Diakui, untuk membangun koperasi harus sesuaikan dengan potensi diri yang dimiliki setiap orang. Berdasarkan potensi diri dan potensi alam dapat dikembangkan.

“Kita harus berpikir ekonomi keluarga, rakyat Kabupaten Dogiyai, dan orang asli Papua ke depan agar masyarakat sejahtera,” tutur Agapa.

Natalis Degei, Sekretaris Daerah Kabupaten Dogiyai, dalam sambutannya, mengajak Perindagkop memberikan informasi dan pemahaman tentang koperasi untuk mendorong pertumbuhan koperasi yang ada di daerah ini.

Degei berharap, ke depan koperasi harus bertumbuh di 79 kampung, 10 distrik, gereja Katolik dan Protestan di Kabupaten Dogiyai. “Koperasi harus dibangun di semua tempat, untuk menunjang ekonomi, keluarga, rakyat berdasarkan potensi diri dan potensi alam ada di Kabupaten Dogiyai.”

Sembari apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, ia pun berpesan, semua pihak dapat berbenah diri untuk membangun koperasi sesuai dengan potensi yang ada di daerah ini.

Andrias Gobai, kepala dinas Perindagkop Kabupaten Dogiyai, saat membawakan materi menjelaskan pentingnya membangun koperasi, juga menjelaskan bagaimana cara mendirikan koperasi dan membuat akta notaris koperasi.

Kata Andy, semua data harus dibuat melalui online. Karena itu, perlu kenal dan tahu cara menggunakan internet.

“Koperasi dibuka supaya semua orang Dogiyai sejahtera. Soal koperasi telah diatur berdasarkan dasar hukum dari presiden sampai dinas Perindagkop,” jelas Andy.

Pewarta: Agustinus Dogomo

Editor: Mary Monireng

Print Friendly, PDF & Email