Yakobus Dumupa-Oskar Makai Daftarkan Diri ke KPU Dogiyai

0
2120

DOGIYAI, SUARAPAPUA.com — Yakobus Dumupa dan Oskar Makai secara resmi mendeklarasikan diri sebagai salah satu peserta Pilkada serentak 2017 di Kabupaten Dogiyai. Ini setelah bakal pasangan calon yang diusung Koalisi Dogiyai Dou Enaa, mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dogiyai, Kamis (22/9/2016) kemarin.

Saat deklarasikan terbuka di aula Koteka-Moge Moanemani, sebelum menuju ke kantor KPU yang terketak di Tokapo, Moanemani, Yakobus Dumupa menyatakan, “Ijinkan kami, pada hari ini, di hadapan masyarakat, Tuhan dan alam Dogiyai, kami dua maju rebut kemenangan.”

Dumupa-Makai, diakuinya, mendapat dukungan dari gabungan tiga partai politik, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

“Bersama Koalisi Dogiyai Dou Enaa, serta atas restu dan dukungan dari masyarakat, kami dua berani maju. Barangkali kami satu-satunya bakal calon yang melakukan acara deklarasi secara terbuka,” tuturnya.

Maksud deklarasi ini, kata Dumupa, hendak menunjukan kepada masyarakat dan semua pendukung, bahwa partai pendukungnya sudah jelas legalitasnya.

“Kami tidak mau sembunyi-sembunyi, kami deklarasi secara terbuka karena kami ingin menunjukan kepada masyarakat, kepada semua pihak bahwa tidak ada dualisme surat dukungan atau SK yang kami peroleh,” ujarnya.

Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) ini mengaku mendapat rekomendasi dukungan langsung dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) di Jakarta. “Tidak ada masalah dengan dukungan parpol. Semua sudah final. Jadi, hari ini kami dua yang paling siap. Ya, siap menang mutlak pada tanggal 15 Februari 2017,” kata Dumupa.

Menuju tangga kemenangan, ia berjanji akan tetap mengikuti aturan yang berlaku, mulai dari pendaftaran bakal calon hingga puncaknya di Pilkada serentak jilid dua ini. “Kami siap bertarung. Siap rebut kursi bupati dan wakil bupati kabupaten Dogiyai,” tegasnya disambut tepuk tangan warga pendukung.

Dumupa juga menyarankan, semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada harus jalankan sesuai aturan agar seluruh tahapan maupun akhir dari prosesnya bisa berlangsung dengan baik dan memuaskan.

Matias Butu, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Dogiyai, saat menerima berkas administrasi dari paslon Dumupa-Makai, akan diverifikasi sesuai jadual dan tahapan.

“Kami menerima berkas bakal calon ini, selanjutnya menerbitkan surat terima, dan kami berikan SK untuk pemeriksaan kesehatan secara serentak di RSUD Dok II Jayapura dan pemeriksaan Narkoba dan lain-lain di rumah sakit Bhayangkara Jayapura,” tutur Butu.

Untuk pendaftaran, ia pastikan akan berakhir hari ini tepat Pukul 00.00 WIT. “Itu sesuai jadual nasional,” katanya sembari menambahkan, pengumuman pendaftaran tertera dalam surat nomor 008/P/KPU-DGY/IX/2016 yang disebarkan beberapa waktu lalu.

Butu juga berharap, setiap bakal calon dan pendukungnya tetap menjaga keadaan daerah aman.

Pewarta: Agustinus Dogomo

Editor: Mary Monireng