Polda Papua Akan Bentuk Polres Intan Jaya

0
4683

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Polda Papua tengah berupaya untuk membentuk dua Polres baru di Papua, antara lain polres Mamberamo dan Polres Intan Jaya, Papua.

Seperti dilansir Kompas.com, Komisioner Komisi Kepolisian Nasional Inspektur Jenderal (Purn) Bekto Suprapto menyatakan akan melapor ke Presiden RI Joko Widodo terkait pembentukan dua polres di Provinsi Papua.

 “Saya telah meninjau secara langsung dua wilayah yang menjadi sasaran pembentukan polres baru. Dari hasil peninjauan ini, saya akan melaporkannya ke Presiden Jokowi,” kata Bekto usai pertemuan dengan Komisi Kepolisian Nasional bersama Wakil Polda Papua Brigjen Rudolf Albert Rodja, Wakil Kejati Papua Abdul Azis, dan sejumlah pemuka agama di Markas Polda Papua, Jayapura beberapa waktu lalu..

Bekto menuturkan, sebenarnya wacana pengusulan pembentukan polres di Intan Jaya dan Mamberamo telah dilakukanya sewaktu masih menjabat sebagai Kapolda Papua pada tahun 2002.

“Sebelumnya saya telah menempatkan sejumlah anggota Polri sebagai perwakilan di dua wilayah itu sebagai bentuk keseriusan,” tutur Bekto.

Wakapolda Papua Brigadir Jenderal Polisi Rudolf Albert Rodja mengatakan, pembentukan Polres Mamberamo Tengah sudah disetujui oleh MenPAN-RB agar menjadi Polres definitif.

“Polda Papua juga tengah mengusulkan pembentukan Polres Intan Jaya ke Mabes Polri. Usulan ini hadir karena keinginan Pemkab setempat .

“Bahkan Pemkab juga sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan polres,” ujarnya.

Sementara itu, bupati kabupaten Intan Jaya, Natalis Tabuni saat dikonfirmasi tentang wacana pembentukan Polres Intan Jaya, dirinya membenarkan hal itu.

“Iya, benar. Dengan kondisi yang ada saat ini, Polsek di Sugapa tidak bisa layani satu kabupaten. Antara lain dengan melihat muatan potensi konflik, luasan wilayah, konflik-konflik lokal dan banyak hal lain yang ke depan akan menjadi rawan di Intan Jaya, maka mau tidak mau kita usulkan ke Polda Papua agar mekarkan untuk bangun Polres di Intan Jaya,” katanya.

Menurut bupati, pemeritah kabupaten Intan Jaya telah menyiapkan lahan untuk membangun Polres Baru di Intan Jaya. Bahkan, kata dia, kantor pesiapan sudah disiapkan.

“Kantor persiapan kami sudah siapkan dan hibahkan kepada Polda Papua di samping kantor KPU. Untuk lahan kami sedang melakukan negosiasi dengan keluarga Sondegau tetapi kantornya sudah kami serahkan dengan ukuran 40×50 meter,” ungkapnya.

Pewarta: Arnold Belau