KNPB: Rakyat Papua Wajib Rayakan 1 Desember Sebagai Hari Bersejarah

0
3159

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menghimbau kepada seruruh rakyat Papua Barat dari Sorong – Samarai dan seluruh rakyat Papua yang tersebar di seluruh belahan dunia untuk merayakan 1 Desember sebagai hari bersejarah bagi orang Papua.

ā€œ1 Desember 2016 wajib dirayakan oleh rakyat West Papua sebagai hari paling bersejarah dimana orang Papua memanifestokan identitas politik kebangsaannya sendiri. 55 tahun berlalu, aneksasi Indonesia melalui operasi Trikora hingga rekayasa Pepera 1969 seakan membenarkan kekuasaannya di atas Tanah Papua, menyebabkan penindasan tiada henti,ā€ kata Victor Yeimo, ketua KNPB Pusat kepada suarapapua.com di Jayapura, tidak lama ini.

Baca Juga:  Pembagian Selebaran Aksi di Sentani Dibubarkan

Yeimo menjelaskan, West Papua bukanlah bagian sah dari teritori Indonesia, namun teritori tak berpemerintahan sendiri dibawah pendudukan kolonial Indonesia. Kemerdekaan West Papua akan merupakan pengembalian kedaulatan rakyat Papua dan bukanlah pelanggaran integritas teritorial Indonesia.

ā€œKarena itu, rakyat dunia, termasuk rakyat Indonesia, berkewajiban memastikan rakyat West Papua diberikan hak untuk secara bebas menentukan nasibnya sendiri,ā€ tegas Yeimo.

Kata Yeimo, solidaritas tanpa batas harus mengalir dari seluruh penjuru dunia bagi kemerdekaan Papua. Bulan Desember, bangsa Papua mesti memastikan ULMWP menjadi anggota penuh MSG.

ads
Baca Juga:  Berlakukan Operasi Habema, ULMWP: Militerisme di Papua Barat Bukan Solusi

ā€œKita juga mesti memastikan orang-orang di Eropa, Afrika, dan Asia, termasuk rakyat Indonesia mendukung perjuangan kita. Dan lebih dari itu, kita mesti memastikan rakyat West Papua mengorganisir diri dalam gerakan perlawanan nyata secara damai dan bermartabat,ā€ tuturnya.

Menurut Yeimo, kemerdekaan Papua merupakan solusi untuk menyelamatkan rakyat Papua dari pemusnahan yang secara terstruktur dilakukan oleh penjajah.

ā€œPerjuangan kemerdekaan adalah satu-satunya jalan untuk menyelamatkan bangsa Papua dari penguasaan dan pemusnahan bangsa Papua oleh kolonialisme Indonesia,ā€ ujar Yeimo.

Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Pertamina Monitor Kesiapan Layanan Avtur di Terminal Sentani

Untuk diketahui, pada tanggal 26 November 2016, KNPB Wilayah Mnukwar melaporkan, sekitar pukul 13.00 WP waktu setempat telah terjadi penangkapan terhadap 14 aktivis KNPB dan telah dipulangkan setelah ditahan selama hampr 10 jam di kantor Polisi, Polres Manokwari, Papua Barat.

Penangkapan tersebut dilakukan saat 14 aktivis KNPB wilayah Mnukwar membagi selebaran himbauan tentang perayaan peringatan 1 Desember yang merupakan hari bersejarah bagi rakyat Papua.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaDirektur LP3BH Dukung Keinginan Korban Paniai Berdarah
Artikel berikutnyaFoto: Penangkapan 14 Aktivis KNPB Wilayah Mnukwar