Jalan Utama Antara Boven Digul dan Merauke akan Segera Diperbaiki

0
3171

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pemerintah kabupaten Boven Digul akan segera melakukan perbaikan jalan raya yang menghubungkan kabupaten Merauke dan Boen Digul akan yang rusak akan diperbaiki segera. 

Wakil Bupati Boven Digul, Chaerul Anwar bersama stafnnya tidak lama ini turun lapangan untuk meninjau jalan trans Papua yang rusak tersebut. Pemerintah daerah berjanji akan melakukan perbaikan jalan tersebut meski jalan tersebut merupakan jalan nasional yang dikerjakan oleh balai besar pekerjaan umum dan perumahan rakyat wilayah sepuluh Papua.

Wakil Bupati Boven Digoel, Whaerul Anwar mengatakan, jalan yang rusak tersebut kondisinya tidak normal dan tidak wajar lagi.

“Jadi kita lihat banyak kolam dan jalan berlubang. Ini kan kondisi yang sangat memprihatinkan. Makannya kita sama dinas terkait, Dinas PU. Dinas Perhubungan, kita datang untuk melihat salah satu titik, dari beberapa titik yang rusak, sehingga kita bisa mengambil keputuskan dan mulai besok kita sudah menutup jalan Trans Papua ini, dari Asiki dan Boven Digul untuk selanjutnya di perbaiki,” jelasnya.

Lanjut dia, “Kita juga melakukan koordinasi yang cepat sehingga sudah dapatkan ada pihak ketiga berusaha untuk segera membantu perbaikan jalan ini. Saya berpesan pada kita semua, khususnya penguna jalan untuk ke depan muatan dari truk harus disesuaikan dengan kapasitas,” kata Anwar.

Ia mengatakan, perbaikan jalan itu penting dan harus dilakukan. Karena jalan ini merupakan salah satu saran penting bagi masyarakat untuk melakukan aktifitasnya. Maka, pemerintah akan berusaha untuk memperbaiki jalan yang rusak itu.

“Sekali lagi, saya tegaskan bahwa ini prinsip kita perbaiki jalan untuk kepentingan masyarakat, kepentingan orang banyak dan bukan kita semata-mata proyek, biar bagaimana kegiatan perekonomian, kegiatan pelayanan semua bisa berjalan normal. Kalau jalan bagus kan enak semuannya, sehingga saya minta kepada masyarakat di seputaran titik
yang akan menjadi konsentrasi perbaikan , untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah,” tegas Anwar.

Sebelumnya, dua bulan terahkir jalan jalan trans papua rusak berat, mengakibatkan transportasi darat yang mengangkut penumpang dan barang kewilayah Boven Digoel dari kabupaten Merauke harus tertahan hingga seminggu di dalam hutan, kondisi ini terjadi akibat akses jalan yang merupakan satu-satunya tersebut rusak parah, lumpur hingga dua meter yang menutup ruas jalan di wilayah kilometer 35, kilometer 21, dan kampung kuda boven digul, membuat truk dan kendaraan roda empat lain tidak mampu melintas.

Kondisi ini sangat merugikan masyarakat setempat/ pasalnya seluruh pasokan bahan makanan maupun logistik lain sudah menipis/ dan berimbas pada mahalnya bahan makanan di wilayah itu.

Pewarta: Alma
Editor: Arnold Belau