Buka Turnamen Piala Presiden 2017, Jokowi Harap Sepakbola Indonesia Berprestasi

301

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Presiden Joko Widodo berharap, turnamen Piala Presiden 2017 menjadi momentum kebangkitan persepakbolaan nasional.

“Kebangkitan manajemen persepakbolaan Indonesia yang lebih profesional. Saya ingin sepak bola kita ialah sepak bola yang mempersatukan, sekali lagi sepak bola yang mempersatukan,” ucap Presiden ketika memberikan sambutan pada pembukaan turnamen sepak bola Piala Presiden 2017 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu sore, 4 Februari 2017.

Selain itu, Presiden ingin turnamen ini juga menjadi momentum untuk menghasilkan sepak bola yang berorientasi pada prestasi.

“Sepak bola yang mampu menjadikan hiburan yang sehat bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Usai memberikan sambutan, Presiden Jokowi menandatangani 6 buah bola yang dibagikan kepada penonton.

Sebelum pertandingan dimulai, Presiden bersalaman dan berfoto bersama pemain dari dua tim dari Grup A yang akan berlaga di pertandingan perdana, yakni PSS Sleman vs Persipura Jayapura.

Selanjutnya Presiden melakukan tendangan pertama yang menandakan turnamen ini resmi dimulai.

Presiden yang menyaksikan laga perdana turnamen Piala Presiden 2017 memuji penampilan dari kedua tim.

“Wah, rame banget! Rame dan imbang. Ya, 0-0. Persipura sangat baik, PSS juga sangat baik. Yang penting, rame banget,” ucap Jokowi menjawab pertanyaan wartawan usai pertandingan.

Berakhir Tanpa Gol

Laga pembuka ini berakhir tanpa gol. Tim tuan rumah, PSS Sleman selama 2×45 menit mampu menahan imbang tanpa gol Persipura Jayapura. Perjuangan keras Boaz Solossa dan teman-temannya selalu gagal di tembok pertahanan PSS.

Menit kedua, Boaz bikin kaget tim lawan asuhan Freddy Mulli. Namun, golnya dianulir, karena dianggap offside.

Dari jalannya pertandingan, tim Mutiara Hitam yang diperkuat beberapa pemain muda tampil menguasai lebar lapangan. Unggul dalam penguasaan bola. Hanya, baik babak pertama maupun babak kedua, belum maksimal menghasilkan gol.

Turnamen ini diikuti 20 tim dan dibagi 5 grup, yakni grup A di Stadion Maguwoharjo, Sleman, grup B di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, grup C di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, grup D di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar dan grup E di Stadion Ratu Pamelingan Bangkalan, Madura.

Sementara itu, Maruara Sirait, ketua steering committee Piala Presiden 2017 mengatakan, panitia penyelenggara telah menyiapkan Rp3 miliar sebagai hadiah untuk pemenang pertama, Rp2 miliar untuk juara kedua, Rp1 miliar untuk peringkat ketiga, dan Rp500 juta untuk pemenang keempat.

Citra Besar PSSI

Presiden juga mengungkapkan upaya meningkatkan persepakbolaan nasional. Katanya, pemerintah kini tengah mencari lahan untuk membangun kantor PSSI di Jakarta atau sedikit di luar Jakarta.

“Lagi dicari kita ingin sebuah PSSI yang mempunyai citra yang besar. Jadi, kantornya memang bagus, tetapi kita juga ingin prestasi juga bagus,” ucapnya kepada jurnalis di Stadion Maguwoharjo.

Turut mendampingi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada pembukaan turnamen ini, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki.

Pewarta: Mary Monireng