Persamisesa Sukses, Kwarcab 26-26 Deiyai Siap Ikut Rainas 2017

256

DEIYAI, SUARAPAPUA.com — Perkemahan Sabtu, Minggu, Senin, Selasa (Persamisesa) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 26-26 Kabupaten Deiyai, Papua, sukses diadakan selama empat hari di halaman SMA Negeri 2 Tigi, Waghete, Deiyai, Papua.

Kegiatan Raimuna Cabang (Raicab) dibuka secara resmi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deiyai yang diwakili Kepala Bidang Pendidikan Non Formal, Yulita Bidau Mote, Sabtu (29/4/2017).

“Kegiatan seperti ini sangat penting dan mesti didukung sebagai suatu saran untuk membentuk karakter dan pribadi yang disiplin, mandiri, serta jiwa kepemimpinan yang baik,” ucapnya.

Pihak Dinas, kata dia, sangat mendukung pelaksanaan Raicab ini dengan materi kegiatannya. Untuk itu, diharapkan utamakan kedisiplinan, tata cara membina, mendidik, mencintai dan dicintai alam bahkan sang Pencipta.

Klemens Madai, sekretaris Dewan Kerja Cabang (DKC) mengatakan, berbagai materi terkait kepramukaan telah diberikan kepada peserta selama empat hari Persamisesa.

Sehari sebelum kegiatan ditutup dengan api unggun, kata dia, dilaksanakan pelantikan tanda pangkat, Senin (1/5/2017). Antar lain pelantikan tanda tingkat bantara, laksana, dan pandega Kwarcab 26-26 Kabupaten Deiyai oleh panitia.

Persiapan Rainas

Patrisius Mote, ketua DKC, menjelaskan, selain pelantikan kenaikan Tanda Tingkat bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, kegiatan (Persamisesa) itu juga bertujuan menyeleksi peserta Raimuna Nasional (Rainas) 2017.

Kata Patrisius, Rainas akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, pada Agustus mendatang.

Persamisesa adalah Raicab, lanjut dia, kegiatan-kegiatan yang diadakan lebih difokuskan pada peningkatan kemantapan mental, fisik, pengetahuan, keterampilan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

“Materi kegiatannya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, serta kebutuhan masyarakat setempat,” jelasnya.

Untuk diketahui, Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang biasa diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka, baik tingkat Kwartir Ranting (distrik), Kwartir Cabang (kabupaten) maupun tingkat nasional.

Kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai, Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu “Rai” dan “Muna”, artinya sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan positif.

 

Pewarta: Yulianus Mote

Editor: Arnold Belau

SHARE