Dogiyai Berduka, 10 Orang Meninggal Dalam Laka Tunggal

0
3009

MOANEMANI, SUARAPAPUA.com — Dalam sebuah kecelakaan (laka) tunggal truk yang mengangkut batu kali dan penumpang di Moanemani, Kabupaten Dogiyai, Selasa (2/5/2017) siang, 10 orang diantaranya meninggal di tempat. Tiga lainnya dilarikan ke RSUD Paniai.

Truk tersebut jatuh di jalan baru tepatnya di lereng gunung Tetode, Kampung Ekemanida, Moanemani, Kabupaten Dogiyai, Papua.

9 orang korban meninggal dunia adalah anak-anak SD YPPK Egebutu dan SMP Negeri 1 Dogiyai. Mereka berasal dari kampung Egebutu, Distrik Dogiyai. Jenazahnya telah dimakamkan di samping gereja Katolik Santa Maria Imaculata Egebutu.

Adapun nama-nama korban meninggal dunia: Nando Anouw (12), Selpina Edowai (8), Simon Pigome (9), Yohanes Dimi (10), Novela Dimi (8), Laurens Auwe (10), Rita Auwe (8), Paulina Dimi (9), Alfrida Pekei (10), dan sopir M. Ansori (31).

Baca Juga:  Soal Satu WNA di Enarotali, Begini Kata Pakum Satgas dan Kapolres Paniai

Tiga orang lainnya dievakuasi ke RSUD Paniai di Madi. Masing-masing Oktovina Dimi, Agustina Dimi, Yohanes Pekei.

ads

Kejadian tragis ini membawa duka mendalam, tidak hanya keluarga dan umat Egebutu. Dogiyai umumnya berdukacita. Kabarnya, kecelakaan seperti demikian sudah terjadi beberapa kali. Namun kali ini memprihatinkan, karena korban belasan orang.

Awal kejadian, seperti dijelaskan beberapa sumber media ini, umat Quasi Paroki Sta. Maria Imaculata Egebutu, antara lain anak-anak dan orang tua pada pagi hari menuju ke Moanemani. Mereka hendak mengumpulkan pasir dan batu di kali Tuka, selanjutnya diangku dengan truk. Material tersebut akan dipakai untuk bangun gedung sekretariat gereja Katolik Egebutu.

Baca Juga:  PWI Pusat Awali Pra UKW, 30 Wartawan di Papua Tengah Siap Mengikuti UKW

Setelah tiba di Tuka, lereng Tetode, truk mengangkut pasir basah. Karena hendak pulang sekitar 20 orang naik ke truk. Sesampai di tanjakan dekat Nuwaibutu, karena muatan lewat batas truk mundur dan sopir sulit kendalikan. Truk jatuh ke arah kanan jalan.

Beberapa orang dewasa langsung lompat dari truk. Sedangkan 13 orang termasuk sopir terjatuh bersama truk.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Bangun Jembatan Hubungkan Kampung Banti 2 dan Banti 1

Polres Nabire melalui Polsek Kamuu yang terletak tak jauh dari lokasi kejadian, membenarkan truk dengan nomor polisi PA.9857K mengalami kecelakaan tunggal. Truk tersebut dari Kali Tuka hendak ke kampung Egebutu, mengangkut batu dan 24 orang.

Ipda Sudarman, Wakapolse Kamuu mengatakan dirinya bersama beberapa anggota polisi dan warga setempat berhaasil mengevakuasi korban di TKP hingga dibawa ke rumah sakit dan selanjutnya dibawa ke Egebutu.
Pewarta: Agustinus Dogomo

 

Artikel sebelumnyaDukung Mubes SOLPAP Pertama, Salon dan Galeri Anak Papua Gelar Pameran Gratis
Artikel berikutnyaPenikaman Dua Warga di Paniai, DAP: Tarik Pasukan Tak Jelas!