Jokowi Targetkan Jalan Trans Papua Selesai 2019

0
2903

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Target pengerjaan seluruh jalan trans Papua dapat terselesaikan pada tahun 2019.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo bersama rombongan, Rabu (10/5/2017) ketika mengunjungi pembangunan jalan trans Papua yang menghubungkan Wamena-Mumugu sepanjang 284 kilometer.

“Pembangunannya sudah selesai tiga ribu delapan ratus yang sudah dibuka, kita harapkan terbuka total 2019. Artinya sudah bisa dilewati, tapi mungkin juga belum aspal,” kata Jokowi saat diwawancarai wartawan di Habema.

Baca Juga:  Puspom TNI Terkesan Tertutup Proses Hukum 13 Tersangka Penyiksaan Warga Sipil di Puncak

Kata Jokowi, pembangunan jalan trans Papua ini dikerjakan awal oleh TNI, dan kemudian setelah itu kementerian PU masuk untuk aspal, sehingga ia mengakui bersama Panglima TNI melihat kesulitannya seperti apa.

“Saya kira kalau duet seperti ini dilakukan terus, akan mempercepat karena kalau kita lihat medan seperti ini kita di ketinggian tiga ribu dua ratusan itu sangat tinggi, sangat sulit sekali, sehingga yang bisa masuk awal-awal TNI, lalu Kementerian PU menyusul,” tambahnya.

ads
Baca Juga:  PAHAM Papua Berharap Hakim Mengabulkan Permohonan Praperadilan Bom Molotov dan Membatalkan SP3 Kepolisian

Presiden mengaku sulitnya membangun jalan di Papua karena medan yang diawali TNI dan diikuti kontraktor yang sangat sulit. Apalagi kata dia, sulitnya membawa aspal ke daerah ini, termasuk alat berat.

Jokowi juga menyampaikan mengenai pembangunan jalan trans Papua dari Wamena ke Agats yang dibangun 35 jembatan, tetapi baru sekitar 15 jembatan telah dibangun. Ia mengakui pekerjaan ini sangat besar, sehingga perlu kerja gotong royong untuk selesaikan sesuai target pemerintah.

Baca Juga:  Datangi MRP PBD, Mama-mama Papua Tuntut Bangun Pasar Khusus OAP

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

 

Artikel sebelumnyaWalikota Jayapura Terpilih Diminta Kawal dan Sukseskan Musda KNPI Kota Jayapura
Artikel berikutnyaIMASEPA Jabar Minta Gubernur Papua Barat Prioritaskan Pembangunan Pendidikan