Dua Anggota DPRD Yahukimo Dilantik, Satunya Menyusul

305

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com— Mari Mirin, ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Yahukimo resmi melantik dua anggota dewan Pengganti Antar Waktu (PAW) periode 2014-2019, pada Selasa (16/5/2017).

Mirin menjelaskan, pelantikan dilakukan sesuai aturan meskipun telah memakan waktu yang cukup lama.

“Hari ini resmi kita melakukan pelantikan terhadap dua anggota dewan yakni saudara Aris Nahabeal dari Partai Persatuan Pembangunan dan Anes Pahabol dari Partai Golongan Karya. Keduanya dilantik karena ada yang meninggal dunia dan satunya lagi mengundurkan diri,” ungkapnya.

Kata Mirin, proses untuk pelantikan kedua anggota legislatif ini memakan waktu cukup lama. “Tetapi, puji Tuhan, proses yang panjang itu telah kita lewati dan pada hari ini adalah puncaknya kita bisa saksikan bersama-sama,” kata Ketua DPRD Yahukimo.

Mirin merincikan, saudara Septinus Pahabol mengundurkan diri dan saudara Otis Kambue meninggal sejak beberapa waktu lalu. Meski sudah lama, pihaknya harus mengikuti proses sesuai aturan.

“Kita harus surati Gubernur sampai pusat bahkan dari ketua parpol pun harus ada kesepakatan. Puji Tuhan, hari ini sudah ada SK baru dan hari ini bisa laksanakan pelantikan,” jelasnya.

Ketua DPRD berharap kepada kedua anggota dewan agar dapat menjalankan tupoksi dengan baik dan tentunya menjawab kerinduan masyarakat pemberi suara pada saat pemilihan legislatif.

“Anggota dewan yang baru ini berasal dari satu wilayah, sehingga kami berharap bisa jalankan tugas sebagai perwakilan rakyat dengan baik dan masyarakat kita di Angguruk merasakan manfaatnya,” pesan Mirin.

Saat ini keanggotaan DPRD Kabupaten Yahukimo berjumlah 33 orang. Kata Mirin, satu anggota lagi akan dilantik kemudian.

Sementara itu, Tinus Meage, sekretaris Fraksi Golkar, mengatakan, keanggotaan di fraksinya berkurang karena Septinus Pahabol mengundurkan diri setelah maju calon bupati dan selanjutnya sudah disampaikan ke pimpinan untuk diteruskan ke Gubernur hingga ada SK pelantikan.

“Aturannya memang begitu. Kalau ada dewan mengundurkan diri, maka harus diganti. Setelah saudara Septinus mundur, di fraksi kami berkurang dari jumlah awal 9 anggota menjadi 8 anggota saja. Sekarang anggota kami sudah lengkap,” kata Tinus.

Ia optimis setelah anggota fraksi sudah lengkap, pihaknya siap menjalankan mandat dari masyarakat dengan tetap bergandengan tangan menjawab harapan bersama di kabupaten Yahukimo.

Rapat paripurna istimewa dalam rangka peresmian dan pengucapan janji PAW untuk dua anggota DPRD tersebut berlangsung lancar hingga usai diakhiri dengan foto bersama dan salaman.

 

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau

 

SHARE