Partai Demokrat Papua Akan Deklarasikan Enembe Maju di Pilgub 2018

0
1116

BIAK, SUARAPAPUA.com— Setelah Lukas Enembe terpilih kembali menjadi ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat provinsi Papua pada 16 Mei 2017 di Biak, direncanakan hari ini akan dideklarasikan menjadi calon gubernur Papua periode 2018-2023. 

“Hari ini sudah diputuskan dalam musda ke III DPD-PD Papua. Kita akan deklarasikan besok,” ungkap Lukas Enembe yang juga gubernur Papua saat memberikan keterangan kepada wartawan di hotel Asana, Biak, Selasa (17/5/2017) kemarin.

Enembe juga mengungkapkan, saat ini sudah ada dukungan dari beberapa partai yang menyatakan siap berkoalisi dengan partai Demokrat untuk bertarung di bursa Pilkada Gubernur Papua tahun 2018. 

“Saat ini sudah ada dukungan dari partai PAN dan PKPI. Sedangkan untuk Hanura, PKS dan Golkar juga kemungkinan akan bergabung,” ungkap Enembe.

 

Calon Wakil Gubernur

Saat ditanya tentang siapa calon wakil yang akan mendampingi Enembe, ia menjawab tidak menutupi kemungkinan dan bisa saja maju bersama Klemen Tinal, yang saat ini menjabat sebagai wakil gubernur Papua.

“Iya. Kemungkinan ada. (kembali maju dengan Klemen Tinal). Karena kita sampai empat tahun kepemimpinan berjalan baik. Selama ini kan ada gubernur dan wakilnya, bupati dan wakilnya, wali kota dan wakilnya ribut terus. Saat ini kami berdua aman. Ini penting untuk diketahui masyarkat,” terangnya. 

Enembe mengaku masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan bersama dengan wakil gubernur. Maka, ia akui ada kemungkinan untuk bisa maju bersama di Pilgub 2018 untuk menyelesaikan banyak pekerjaan rumah itu. 

Bersama Klemen, Enembe yakin dan optimistis bisa kembali menangkan Pilgub Papua. Namun, ia tidak memandang remeh para calon gubernur lain yang akan maju di bursa Pilgub Papua 2018. 

Sebab menurut dia, semua warga Papua memiliki kesempatan yang sama di tanah ini.

Soal kemungkinan untuk menang lagi, ia mengaku saat ini dukungan banyak datang dari masyarakat Papua di pesisir, kalau untuk masyarakat di daerah gunung, Enembe tak meragukannya karena itu merupakan basisnya.

“Dari prediksi kami jika ada pemilihnya 3 juta, maka dengan peroleh 1, 2 juta suara saja sudah cukup untuk menang. Apalagi saya dapat dukungan lebih banyak dari pesisir saat ini dan diprediksikan bisa tarik 40 persen suara. Kalau basis gunung sudah pasti,” paparnya. 

Menurutnya, siapa saja putra terbaik Papua punya kesempatan yang sama. Karena semua calon Gubernur dan Wagub yang akan bertarung nanti adalah semua anak-anak Papua.

“Saya kira John Wempi Wetipo, Paulus Waterpauw atau pun Ones Pahabol, siapa pun mereka, punya kesempatan yang sama untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur,” ujarnya.

Bupati kabupaten Biak, Thomas Alva Edison Ondi, sebagai tuan rumah saat memberikan sambutan di pembukaan Musda kemarin mengungkapkan, akan siapkan 100 ekor babi untuk makan bersama usai melakukan deklarasi.
“Ini bicara soal adat. Maka kami akan barapen 100 ekor babi. Karena siapa yang akan kasi makan banyak masyarakat, dia adalah mambri,” katanya kemarin.

Dari informasi yang diperoleh media ini, deklarasi akan digelar di lapangan Cenderawasih sekitar pukul 15:00 WIT. Usai deklarasi akan makan bersama dengan masyarakat Biak. 

Musda DPD-PD Papua digelar di Biak dari tanggal 16-17 Mei 2017 dan dihadiri ratusan kader PD dari seluruh kabupaten/kota di provinsi Papua. Juga dihadiri beberapa petinggi DPP PD. 


Pewarta: Arnold Belau