Kemenpora Kunjungi Yahukimo Tinjau Pembangunan Sarana Olahraga

229

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com — Kepala Bidang Infrastruktur dan Sarana Prasarana Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Repubik Indonesia, Anan Kosim telah berkunjung ke Yahukimo untuk meninjau pembangunan sarana olahraga di kabupaten tersebut.

Anan Kosim bersama tim Kemenpora setelah tiba di Dekai kabupaten Yahukimo pada hari Sabtu (20/5/2017) Jam 2 siang, mengatakan, “Tahun ini gedung olahraga dan stadion akan disiapkan. Saya datang ke Yahukimo atas proposal yang diajukan oleh Pemkab Yahukimo dan hari ini saya datang melihat langsung di tempat,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Kosim mengatakan, dirinya datang ke Yahukimo untuk meninjau pembangunan sarana olahraga di kabupaten Yahukimo. Kata dia, kedatangannya tersebut atas undangan dari Pemkab Yahukimo.

“Hari ini kami tim dari Kemenpora hadir dan melihat langsung. Ternyata lapangan skala kecil. Nah, gedung olahraga hingga stadion siap dibangundi di daerah Yahukimo,” katanya.

Ia menjelaskan, Kemenpora ada rencana bangun 1000 lapangan dan 4000 lapangan Tenis dan kolam renang termasuk GOR. Namun sampai di lapangan pembangunan yang akan dilakukan adalah pembangunan stadion.

“Tetapi tidak masalah, akan kita pertimbangkan untuk membangun tempat bagi berbagai cabang olahraga di wilayah Timur Indonesia dari 18 Provinsi. Yakni di Papua di kabupaten ini yang paling layak,” ujarnya.

Menurut Kosim, Yahukimo daerahnya luas dan cocok. Lebih lengkap untuk bangun tempat olahraga seperti GOR, lapang tenis, lapangan bola, stadion, sehingga semua cabang olahraga dapat dikembangkan.

“Tapi kita lihat mana yang duluan dibangun. Karena ini masuk bulan kelima, maka kami kami akan dahulukan yang pembangunan sarana kecil. Ini juga untuk mencegah anggaran kembali ke kas negara. Untuk pembangunan sarana yang besar, proposal bisa diajukan tahun 2018 nanti,” katanya.

Lanjut dia, “Lebih bagus sekarang bikin yang skala kecil dulu. Tempat sudah siap, kami harap tahap pembangunan dilaksanakan dari sekarang supaya pada PON 2020 fasilitas siap digunakan,” katanya.

Andreas Gobai, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Yahukimo menyampaikan terima kasi kepada tim dari Kemenpora yang bersedia datang ke Yahukimo untuk meninjau pemohonan yang sudah dikirim lewat proposal kepada pemerintah pusat di Jakarta.

“Di sini lapangan kami siapkan untuk bangun stadion sekaligus gedung olahraga. Kita siapkan dari awal supaya PON 2020 bisa lakukan di tempat ini. Kesiapan kami di daerah ada dua lapangan. Tim Kemenpora sendiri lihat mana yang bisa dibangun duluan. Kalau bisa taruh di jantung kota, semua master plannya kami sudah atur. Saya pikir kesiapan kita sudah siap, mulai dari master plan hingga lokasinya. Tinggal dibangun,” ungkap Gobai.
Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau