Beasiswa Chevening Inggris Buka Pendaftaran di Pemkab Jayawijaya

249

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Robert Cambell-Davis, sekretaris dua bidang politik Kedutaan Besar Inggris saat melakukan pertemuan dengan pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Rabu (12/7/2017) membicarakan mengenai pendidikan, menawarkan program beasiswa Chevening bagi anak-anak Papua.

Robert menjelaskan, ia bersama stafnya berkunjung ke Wamena untuk mempromosikan beasiswa tersebut kepada masyarakat Papua khususnya di Jayawijaya.

Menurutnya, ini merupakan kunjungan reguler yang dilakukan Kedutaan Bbesar Inggris ke Provinsi Papua dan Papua Barat untuk mempromosikan beasiswa Chevening dan bertemu para pemangku kepentingan.

Dikatakan, Kedutaan Besar Inggris menyambut pelajar terbaik Papua dan Papua Barat datang ke Inggris untuk belajar, baik melalui program beasiswa Chevening maupun LPDP demi membantu Papua dan Papua Barat mencapai potensi terbaiknya.

Roberth menambahkan, beasiswa Chevening merupakan program beasiswa global dari Pemerintah Inggris yang dibiayai oleh kementerian luar negeri (FCO) dan mitra organisasi lainnya.

“Indonesia adalah negara penerima beasiswa terbesar keempat di dunia, dimana sekitar 70 beasiswa tersedia bagi masyarakat Indonesia,” katanya.

Yohanes Walilo, Sekda Jayawijaya, mengakui bahwa Pemerintah Kabupaten Jayawijaya menyambut baik rencana kerja sama ini, terutama di bidang pendidikan yang difokuskan beasiswa S2.

“Jadi, memang mereka ingin melihat situasi umum di Papua, tetapi tujuan utamanya ingin membuka secara luas program beasiswa S2 di semua perguruan tinggi di Inggris, dan pemerintah Jayawijaya menanggapi baik rencana ini baik. Program ini untuk masyarakat umum maupun pegawai negeri guna meningkatkan SDM kita,” ungkap Walilo.

Tahap pendaftaran akan dibuka pada 7 Agustus – 7 November 2017, namun Sekda akui bahwa persyaratan yang diminta juga cukup sulit, dimana minimal TOEFL yang sudah memenuhi syarat.

“Kuliahnya sendiri hanya satu tahun di 2018, bagi yang berminat silahkan bisa berhubungan dengan Pemkab Jayawijaya bagian Humas,” jelasnya.

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

SHARE