Bank Papua Dekai Mulai Cairkan Dana Desa

0
2866

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com — Bank Papua cabang Dekai kabupaten Yahukimo mulai layani pencairan dana kampung tahap pertama, Selasa (15/8/2017). Dana kampung tersebut tersebar di 51 distrik, dilayani petugas bank sesuai jadwal yang dikeluarkan oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) Yahukimo.

Husein Kamisopa, kepala Bank Papua cabang Dekai, mengatakan, hari ini pihaknya layani pengambilan uang dana desa dengan rincian per desa empat ratus lima puluh juta rupiah dan nilai ekor berbeda.

“Baru hari ini kami layani, atas perintah bupati melalui BKD. Jadi, hari ini kita layani kampung-kampung dari tiga distrik yakni Dekai, Panggema dan Tumun 1. Untuk lainnya kami ikuti jadwal yang diberikan BKD,” jelas Husein di ruang kerjanya, Selasa.

Baca Juga:  Puskesmas, Jembatan dan Kantor Lapter Distrik Talambo Rusak Dihantam Longsor

Lanjutnya, “Kami disini tugas hanya layani, maka semua karyawan bank Papua akan lembur hingga pembagian selesai.”

Dalam situasi ini, kata dia, untuk pelayanan umum akan digunakan pintu depan dan belakang akan dikhususkan untuk proses dana kampung.

ads

Husein menambahkan, mekanisme pembagiannya petugas bank didampingi oleh pegawai dari BKD. “Karyawan yang bertugas di sini nanti semuanya selesai baru kita berhenti layani,” katanya.

Baca Juga:  Wapres RI dan Enam Pj Gubernur Tanah Papua Dikabarkan Hadiri Hut PI Lembah Balim

Sementara, Sefanya Webi, kepala kampung Yalenan dari distrik Panggema setelah menerima dana tersebut kepada media ini mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk bangun infrastruktur sesuai dengan program yang sebelumnya telah disepakati masyarakat.

“Dana ini kami dari desa Yalenang akan gunakan sesuai dengan program yang pernah dimasukan. Nanti kalau ada kelebihan baru akan dibagikan untuk anak-anak sekolah dan lain-lain,” kaya Sefanya.

Menurutnya, dana desa tahap pertama akan dipakai bangun infrastruktur berupa rumah bagi masyarakat yang berasal dari Yelenan. Jika tersisa akan dipikirkan untuk pendidikan dan memberikan modal usaha.

Baca Juga:  KPU Papua Terpaksa Ambil Alih Pleno Tingkat Kota Jayapura

“Selain dari usulan program kami, kami akan memberikan modal agar masyarakat ekonomi lemah bisa tanam buah merah, kelapa hutan, sesuai dengan kondisi di lapangan,” jelasnya.

Untuk diketahui, distrik Panggema mendapatkan juara berupa piala bergilir, karena pemerintah menilai berhasil menggunakan dana Prospek dari pemerintah provinsi, bahkan bantuan pemerintah pusat. Piala bergilir tersebut akan direbutkan oleh 51 distrik di kabupaten Yahukimo.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaTragedi Berdarah Oneibo Deiyai, Fenomena Gunung Es dan Potret Kegagalan Rekonstruksi Sosial di Papua
Artikel berikutnyaMahasiswa Papua Dipaksa Pasang Lambang Negara di Asrama Papua Semarang