Tidak Ada Honor Hansip dan Operasional Desa, DPRD Terima Aspirasi

0
2299

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com — Ratusan kepala kampung dari 51 distrik yang ada di kabupaten Yahukimo, Papua, mendatangi kantor DPRD karena diduga Pemkab setempat telah menghilangkan dana operasional kampung dan honor Hansip di setiap kampung.

Arius Yahuli, salah satu pendemo, mengatakan, pihaknya mendatangi kantor DPRD untuk mempertanyakan dan memberikan aspirasi terkait dana operasional kampung dan honor Hansip yang sudah ditiadakan.

“Kami datang ke gedung yang terhormat ini karena situasi. Situasinya adalah pemerintah yang sekarang sudah hilangkan honor hansip dan operasional desa. Jadi, kami datang sampaikan pada momen sidang agar agenda ini diperjelas dan dimasukkan lagi (dalam sidang anggaran perubahan),” ungkapnya.

Baca Juga:  Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

Kata Yahuli, pihaknya bersama 518 kepala kampung dari 51 distrik datang ke kantor DPRD karena pemerintah sekarang dinilai mengabaikan perhatian kepada operasional desa dan honor Hansip di kampung-kampung.

Aksi hari ini merupakan aksi dari solidaritas para kepala kampung yang ada di wilayah Kabupaten Yahukimo untuk mempertanyakan dua masalah tersebut.

ads

“Mereka datang tanya langsung karena saat Ones Pahabol pimpin Yahukimo, honor hansip ada dan juga dana operasional kampung. Tuntutannya jelas, mereka meminta supaya honor hansip dijalankan kembali dan operasional kampung tetap dianggarkan,” kata Arius.

Baca Juga:  PGGY Kebumikan Dua Jasad Pasca Ditembak Satgas ODC di Dekai

Didimus Yahuli, wakil ketua II DPRD Kabupaten Yahukimo, saat menerima aspirasi tersebut mengatakan, kantor DPRD adalah rumah rakyat. Maka rakyat bisa datang dan menyampaikan aspirasinya, baik secara perorangan maupun dengan demo damai yang bermartabat.

“Kami hargai dan terima aspirasi kalian hari ini. Kalian datang hanya satu atau dua orang maupun dalam jumlah yang banyak, kami tetap terima. Sebab, rumah rakyat ini ada untuk rakyat,” katanya.

Baca Juga:  Pagi Ini Jalan Trans Tiom-Wamena Dipalang Caleg PPP

Didimus berjanji, aspirasi tersebut akan ditindaklanjuti dan dibahas.

“Saya selaku pimpinan dewan sudah terima aspirasi. Kita akan bahas, tapi saya tidak bisa bersama di luar karena Sekda sudah ada di ruang sidang. Maka, saya harus masuk. Dan tentu aspirasi hari ini akan kita bahas,” tutupnya.

Sementara Bupati Yahukimo saat ditemui wartawan mengatakan, tidak ada uang untuk bayar honor dan operasional desa.

“Dana tahun ini kita sudah alokasikan, jadi tidak ada. Nanti baru kita bahas lagi,” kata bupati Abock Busup.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaDPRD Yahukimo Gelar Sidang APBD Perubahan
Artikel berikutnyaDesak Dana Desa Dicairkan, Pengurus Desa Ribut di Kantor Keuangan Paniai