KPUD Paniai Tutup Penerimaan Berkas Anggota PPD dan PPS

301

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Setelah penerimaan berkas calon anggota PPD dan PPS dilakukan selama enam hari dari 12-18 Oktober, akhirnya KPUD Paniai menutup penerimaan pendaftaran pada Rabu (18/10/2017).  

Zebulon Gobai, ketua Divisi Hukum KPUD Paniai, mengatakan perekrutan PPD dan PPS dilakukan berdasarkan surat keputusan KPUD Paniai Nomor 03/PP.05-Pu/9108/KPU-Kab/X/2017 tentang jadwal penyelenggara Pemilihan Umum Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Paniai.

“Sesuai jadwal, perekrutan PPD dan PPS dalam hal ini penerimaan berkas, hari ini terakhir dan kami akan tutup sebentar sore pukul 16.00,” katanya kepada suarapapua.com, di kantor KPUD Paniai, Madi, Paniai.

Dikatakan, penerimaan berkas calon PPD dan PPS merupakan tahapan awal. Selanjutnya masih ada beberapa tahapan yang akan dilakukan hingga penetapan 5 anggota PPD dan 3 anggota PPS.

“Berkas sudah, setelah itu kami akan seleksi administrasi. Kemudian seleksi tertulis dan terakhir seleksi wawancara. Semua sudah kami jadualkan dan semua ini dilakukan bertahap sampai tetapkan 5 anggota PPD dan 3 anggota PPS,” jelas dia.

Gobai tegaskan, PPD dan PPS akan diseleksi secara transparan. Yang artinya tidak berpihak ke peserta tentu. Tujuannya, menurut dia, agar pemilihan terlaksa sesuai kode etik UU pemilihan umum yang berlaku.

“Tidak ada istilah keluarga disini. Kami akan lihat kemampuan calon memahami proses pemilihan hingga selesai. Itu yang kami mau,” terangnya.

Peserta calon PPD dan PPS yang mendaftar hampir 1300 orang. Mereka, kata dia, berasal dari 10 distrik lama.

“Untuk distrik baru tidak masuk. Sementara ini semua gabung di distrik lama karena pemekaran desa dan distrik baru harus dibicarakan lagi. Masih ada yang belum beres,” terangnya.

Dia katakan, untuk peserta yang mendaftar langsung akan diberi arahan dan petunjuk, kamis (19/10/17), untuk mempersiapkan diri mengikuti semua tahapan yang akan dilangsungkan.

“Untuk itu, saya harap, besok (19/10) semua peserta hadir. Kami tidak mau peserta ketinggalan informasi,” beber dia.

Sesuai jadwal, Seleksi administrasi diadakan tanggal 16 sampai 20 Oktober 2017. Seleksi tertulis tanggal 24 Oktober 2017 dan seleksi wawancara tangga 31 Oktober sampai 2 November 2017.

Pewarta: Stevanus Yogi

Editor: Arnold Belau