Tujuh Rumah di Yahukimo Dilahap Si Jago Merah

0
1407

YAHUKIMO,SUARAPAPUA.Com — sebanyak tujuh rumah di Apotek Derial Lama, Dekai, kab. Yahukimo terbakar pada Selasa (24/10/2017) sekitar pukul 2 subuh.

“Saya kemarin sore jam 6 masak makanan babi. Setelah masak makanan babi saya padamkan api dan tidur,” kata Tomas Bayage, pemilik rumah yang terbakar.

Bayage mengaku ia kaget bangun setelah ada teriakan orang di luar rumah.
“Sekitara jam 2 malam ada teriakan, terbakar! Terbakar! Jadi saya keluar lewat pintu depan karena di belakang pintunya tertutup. Dan ternyata api itu dari rumah saya. Lalu saya meminta tolong untuk padamkan api,” ujarnya menjelaskan.

Ia bercerita, dirinya bersama masyarakat yang ada di lokasi kebakaran mencoba untuk padamkan api. Namun, katanya, tidak mapan.

“Sekitar pukul 3 subuh api merembet ke rumah besar dan rumah yang ada di samping kiri dan kanan,” terangnya.

Dijelaskan, apai dengan cepat merembet ke mana-mana karena cuaca cerah, dan rumah yang terbakar berbahan kayu.

“Jadi dalam waktu tidak terlalu lama tujuh rumah dilahap api. Saya tidak tahu api berasal dari mana, sebab kami sudah tidur,”
Salmon Payage, perwakilan keluarga yang rumahnya dilahap api dipercayakan untuk melakukan komunikasi dengan pemerintah.

“Setelah ada musibah ini kami terus berupaya untuk ada uluran tangan dari pemerintah,” katanya.

Dijelaskan Payage, sejak pagi pihaknya berusaha untuk komunikasi dengan pemerintah agar bupati mau turun lihat tempat di mana tujuh rumah terbakar.

Kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran itu mencapai ratusan juta rupiah karena tujuh buah rumah yang terbakar, satu orang mengalami luka bakar di tangan kanan yang kena sambaran api saat hendak berusaha untuk memadamkan api, tiga ijazah ikut terbakar, satu ekor babi dan beberapa surat penting lain milik keluarga korban.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau