Bupati Abock Datangi Lokasi Kebakaran

473

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com— Abock Busup, bupati kabupaten Yahukimo dan kepala dinas sosial mendatangi tempat tujuh rumah terbakar untuk menemui korban yang rumah dan harta bendanya terbakar beberapa waktu lalu.

“Kami datang berikan bantuan berupa bama dan alat masak seta alat tidur kepada masyarakat yang alami musibah kebakaran. Kami akan mendata untuk membangun kembali rumah yang sudah terbakar. Musibah selalu terjadi di luar dugaan manusia. Jadi hari ini kami juga berikan bantuan berupa bahan makanan,” jelasnya kepada suarapapua.com di Dekai, Rabu (25/10/2017) kemarin.

Abock mengatakan, bantuan yang pihaknya berikan bersifat sementara. Nantinya, pemerintah akan berikan bantuan bahan bangunan seperti paku dan seng. Selain itu ia mengatakan, untuk membangun kembali rumah, bisa di tempat lain bukan di tempat yang sama.

“Pemkab akan siapkan tempat yang layak, kemungkinan akan siapkan di tempat lain karena ini masuk area bandara. Dinas sosial akan mendata semua kerugian supaya bisa dibantu. Tapi tidak semua akan dibantu pemerintah,” jelasnya.

Burhanuddin, kepala dinas sosial mengatakan, pihaknya sudah mendatangi tempat dan melihat secara langsung. Selanjutnya, pihaknya akan menunggu laporan dari perwakilan keluarga korban yang mengalami kebakaran.

“Kami akan tunggu panitia lalu akan berikan bantuan sesuai dengan petunjuk Bupati,” kata Burhanuddin

Salmon Payage, perwakilan korban kebakaran mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada pemkab yang sudah datang ke tempat kebakaran, memberikan bantuan dan memberikan janji untuk diberi bantuan agar bisa membangun kembali rumah.

Terkait bantuan, ia mengatakan pihaknya akan segera merespon.

“Kami akan bikin proposal dan berikan ke pemkab lewat dinas sosial sesuai anjuran bupati. Kalau sudah, kami harap pemerintah cepat realisasikan karena saat ini kami bangun tenda di pinggir jalan umum sebagai tenda darurat,” katanya.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau

SHARE