Kadiskes Yahukimo: Tim Sudah Kembali dari Korowai

159

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com— Lewi Yando, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Yahukimo, Papua mengatakan, tim kesehatan yang sudah dikirim ke Korowai, distrik Saradala sudah kembali. 

“Tim medis yang ditugaskan di distrik Saradala, perbatasan Korowai, Yahukimo sudah kembali dari (tempat tugas) kemarin. Kami akan umumkan laporannya setelah melihat hasilnya,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (15/11/17).

Soal kesehatan buruk di Saradala, kata dia, nanti pihaknya akan melihat semua loporan selama tim medis melayani di sana.

“Besok atau lusa kami beritahu. Saya berani bicara untuk kesehatan di Saradala saja. Kalau korowai itu saya tidak berani, tim kami disana tanpa kepala dinas,” ujarnya

Ia mengatakan, Korowai itu luas; Yaitu masuk wilayah kabupaten Asmat, Mappi, Boven Digoel dan Merauke juga punya hak untuk mengatasi kondisi kesehatan ini.

“Saya hanya sampai di Saradala, kalau macam kesehatan di Samenage itu info yang tidak benar,” jelasnya.

Ia mempertanyakan soal Samenangge, katanya, jika ada banyak orang mati dalam waktu singkat, kenapa tidak ada tempat pemakaman.

“Tim kami sudah periksa semua, tapi itu terhitung semua dari beberapa tahun silam, bukan satu bulan kemarin,” terangnya.

“Tim kami sudah kembali. dalam waktu dekat mereka akan kembali ke Samenangge lagi,” pungkasnya.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Arnold Belau

SHARE