Di Yahukimo, 245 Calon Anggota Panwas Distrik Ikut Tes Tertulis

0
956

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com— Sebanyak 245 orang Anggota Panwas Distrik di kabupaten Yahukimo yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi oleh Panwaslu Kabupaten Yahukimo, pada Sabtu (25/11/2017) telah mengikuti tes tertulis di Aula Gidi Evanhastia, Dekai.

Ketua Panwaslu Kabupaten Yahukimo, Samuel Wetapo mengatakan, untuk melakukan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati pada tahun 2018, Panwaslu melakukan rekrutan anggota Panwas Distrik.

“Hari ini yang ikut tertulis adalah mereka yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi. Senin (besok) mereka akan ikut tes wawancara. Jadi perekrutan dan tes yang kami lakukan ini adalah kewenangan kami,” jelasnya di Dekai.

Ia mengatakan, pihaknya sedang menerima dan menampung beberapa pengaduan dari masyarakat.

“Pengaduan kami terima lewat SMS dan tatap muka. Nanti kalau ada yang terbukti salah, orang itu tidak akan lolos ke tahap berikut,” terangnya menjelaskan.

Miton Yahuli, koordinator bidang organisasi dan SDM mengatakan, sesuai dengan amanat undang-undang pemilihan serentak seluruh Indonesia dan khusus papua ada 7 kabupaten yang pemilihan bupati dan satu gubernur, Yahukimo sedang rekrut dari distrik-distrik yang ada di Yahukimo.

“Nanti  mereka akan bekerja sama dengan kami di Pilgub nanti,” katanya.

Ia menegaskan, perekrutan diutamakan untuk para mahasiswa yang sudah selesai dan masih sedang menganggur dan yang tidak punya pekerjaan.

“Kalo kita ambil yang suda kerja, macam sekretaris desa, pegawai, dan anggota PPD, moto Yahukimo ini tidak akan tercipta, karena itu kami bertiga sebagai panwas kabupaten akan terima yang memang tidak kerja,” jelas Yahuli.

Donias Salak, mengatakan pihaknya sebagai peserta memberi apresiasi kepada ketiga panswas kabupaten.

“Saya secara pribadi menilai, kegiatan ini berlangsung dengan aman dan tertib. Jadi saya berharap hasilnya pun tidak ada yang namanya kepentingan. Panwas benar-benar melihat dan merekrut orang yang tepat,” harapnya.

Selain itu, staf Bawaslu Provinsi, Jane Pesulima , memberikan asperisiai, juga kepada panwas kabupaten

“Saya anggota bawaslu yang hadir untuk dampingi tahapan ini, melihat semuanya berlangsung dengan aman dan baik, ini semoga berlanjut hingga ke tahapan selanjutnya,” ujarnya.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Arnold Belau