Selain Mudah Cari Tiket Pesawat, Ini Manfaat yang Didapat Saat Solo Traveling

0
1649

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com– Menjelang akhir tahun dan di awal tahun baru, tanggal merah di bagian kalender merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi orang-orang yang memiliki hobi berlibur.

Biasanya sudah sejak jauh hari para traveler sudah mulai mencari-cari tiket pesawat yang sesuai dengan bujetnya dan bersiap merencanakan liburannya.

Selain itu, hal umum lain yang sering dilakukan oleh seorang traveler adalah berlibur bersama teman-temannya. Namun terkadang berlibur bersama teman-teman tidak bisa terwujud karena bisa jadi mereka memiliki beragam kegiatan lainnya.

Jika ini sudah terjadi tidak jarang para traveler biasanya akan menunda sementara acara liburannya. Padahal, sebenarnya liburan seru tidak harus dilalui bersama dengan teman-teman.

Menjadi seseorang yang melakukan solo traveling pun tidak kalah serunya, meskipun dilakukan sendirian.

ads

Bahkan solo traveling ternyata menyimpan banyak manfaat. Nah, buat traveler yang selama ini belum pernah berlibur sendirian, berikut beberapa manfaat melakukan aktifitas liburan sendirian atau menjadi seorang solo traveler:

  1. Mudah mengatur sendiri rencana liburan
Baca Juga:  Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

Melakukan solo traveling berarti membuat seorang traveler lebih leluasa menentukan rencana liburannya. Mulai dari cari tiket pesawat, menentukan tempat penginapan, hingga kegiatan apa saja yang akan dilakukan di tempat liburan nanti seperti di pantai, taman, atauputn gunung.

Hal ini tentu belum tentu terjadi jika seorang traveler berlibur bersama teman-temannya, karena harus menentukan tanggal yang tepat untuk berlibur, mencari tiket pesawat yang cocok untuk teman-teman hingga menentukan tempat penginapan mana yang layak untuk ditempati.

(via. balance.com)

2. Belajar mengelola diri sendiri

Saat sudah berada di tempat tujuan wisata dan memulai perjalanan liburan sendiri, seorang traveler harus siap melakukannya sendiri.

Mulai dari hal yang sederhana saja, seperti bangun pagi, kapan waktu yang tepat untuk sarapan, kapan waktu yang tepat untuk mengambil gambar hingga istirahat dan memulai perjalanan lagi keesokan harinya.

Baca Juga:  Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

Cara ini tentunya akan mengajarkan seorang traveler untuk mampu mengelola diri mereka sendiri selama melakukan solo traveling nanti.

  1. Lebih luwes dalam eksplorasi perjalanan

Jika bepergian bersama teman-teman atau rombongan tidak jarang seorang seorang traveler harus berbagi waktu dan kebutuhan lainnya dengan teman-teman seperjalanan.

Namun, akan berbeda rasanya jika berlibur sendiri. Seorang traveler nantinya lebih bebas atau luwes dalam mengeksplorasi waktu hingga tujuan perjalanan.

Sebagai informasi tambahan, seorang traveler yang akan melakukan solo traveling, jangan lupa pula untuk menyusun itinerary sendiri. Bahkan jika memiliki waktu yang lebih seorang traveler yang melakukan perjalanan sendirian biasanya akan memiliki hal-hal baru dalam mengeksplorasi tempat wisata dan jauh berbeda dari  itinerary.

(via. thegritandgraceproject.org)

4. Bertemu dengan teman-teman baru selama di perjalanan

Baca Juga:  Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

Melakukan perjalanan sendirian seringkali membuat seorang Traveler akan menemukan orang-orang baru di sekitarnya, yang tidak jarang seorang traveler lainnya.

Hal ini tentunya bagus, karena seorang traveler akan mendapatkan teman baru dan berbagi cerita seru selama di perjalanan. Bahkan jika beruntung, untuk rencana liburan berikutnya bisa menyimpan informasi berharga dari kenalan baru yang baru saja ditemui.

  1. Pengeluaran bisa lebih teratur

Solo traveling setidaknya akan membantu seorang traveler untuk untuk bisa lebih menghemat pengeluaran selama perjalanan. Misalnya, jika ingin menginap di sebuah tempat yang jauh dari keramaian, seorang traveler tidak akan terlalu pusing memikirkan harganya.

Bahkan, jika beruntung, seorang bisa saja menginap di rumah-rumah warga sekitar tempat tujuan wisata.

Tertarik untuk mencoba petualangan dengan berlibur sendirian? (*)

Artikel sebelumnyaIni Peserta Putaran Final Piala Dunia 2018 Rusia
Artikel berikutnyaMamat Alkatiri: Komik Papua dan Perjuangan Melawan Stigma