Ini Spot Wisata ‘Perancis’ Ala Papua di Serui, Papua

147

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Serui adalah sebuah kota di Papua. Sekaligus ibu kota Kabupaten Kepulauan Yapen. Serui mempunyai keunikan tersendiri dari kota lainnya di Papua. Jika kamu berwisata ke Serui terasa sangat seru.

Jumlah hotel di kota ini bisa dihitung dengan jari. Tak ada industri besar seperti di Timika, dan tak juga terlihat aktivitas perdagangan yang masif seperti Jayapura. Kota ini bergerak seperti detak jantung, ritmis dan konstan terasa lamban.

Serui disebut juga sebagai kota kembang. Why? Wanita-wanita Serui-lah jawabannya.

Untuk menuju ke pulau tersebut, pelancong harus menggunakan dua alternatif, udara atau laut. Jika waktu Anda sedikit dan kocek cukup tebal, pilihan menggunakan transportasi udara adalah tepat. Terbang dari Bandara Frans Kaisiepo, Biak, menuju ke Serui membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan harga tiket Rp900 ribuan sekali jalan.

Pesawat kecil ‘twin otter’ yang mengantar pelancong milik maskapai Susi Air hanya berkapasitas 12 orang. Jika bagasi terlalu berat, Anda bisa dimintai dua tiket. Memang pesawat jenis ini memperhitungkan bobot, bukan jumlah penumpang. Jadi, jangan heran ketika petugas bandara menimbang barang bawaan, Anda pun diminta turut dalam timbangan.

Perjalanan menyeberang pulau ini menghadirkan pemandangan menarik. Pulau-pulau kecil bertebaran seperti puzzle. Di atas pesawat baling-baling itu, mata dimanjakan dengan campuran biru laut, putih pasir pantai, dan hijau pohon. Pemandangan paling menakjubkan adalah air laut yang terjebak di antara pulau. Serupa danau yang ditabur hijau cincau.

Teluk Sarawandori, Serui, Kepulauan Yapen, Papua.

Uniknya, di Serui, tarif ojek serba Rp5 ribu. Ke mana pun Anda pergi, ojek siap mengantar dengan tarif flat. Tarif hotel juga bisa dijangkau kocek pas-pasan. Untuk makanan, jangan khawatir.

Bagi kamu yang kebetulan sedang melancong, semua makanan khas daerah-daerah itu terhampar di Serui. Sate padang, mie bakso, pecel lele, dan bebek goreng amat mudah ditemui di sana.

Dan di Serui pula akan banyak ditemui keturunan Papua-Tionghoa. Warga sana kerap menjuluki ‘Perancis’ atau akronim dari ‘Peranakan China-Serui’. Kulit sawo matang dan mata sipit dengan rambut sedikit bergelombang.

Bagi para pemburu sunrise dan sunset, Serui salah satu destinasi yang patut diburu. Cukup disiplin untuk bangun pagi, Anda bisa langsung mengejar sunrise dari pintu hotel.

Sambil menunggu senja tiba, ada baiknya menengok air terjun Ansija yang terletak di tengah hutan. Namun lagi-lagi tak perlu khawatir, jarak dari hotel ke air terjun juga tak jauh. Hanya Anda perlu sedikit tenaga untuk tiba di sana dengan jalan kaki menelusuri sungai sekitar 30 menit.

Itupun tak akan terasa karena udaranya sejuk dan air sungainya jernih. Walaupun hanya selemparan batu dari pantai, Serui menyimpan air tawar yang berlimpah dengan air terjun indah.

Di Serui banyak tempat wisata yang masih alami dan menakjubkan yaitu seperti pantai Mariadei, Sarwandori, pantai Mioka, air terjun Mantembu, tanjung lobang dan beberapa pulau kecil yang bisa disinggahi.

Nah, kami bagikan beberapa spot wisata di Serui yang bisa Anda kunjungi:

Telaga Sarawandori [instagram/william.johan]

Telaga Sarawandori yang bagikan mutiara indah yang tersimpan dan tersembunyi di Papua. Letaknya 10 kilometer ke arah Barat dari Kota Serui kurang lebih 15-20 menit perjalanan menggunakan mobil atau motor. Telaga ini terletak di Kampung Sarawandori dan masih belum terlalu dikenal oleh para wisatawan dari luar Papua. Jadi, jangan heran jika kamu datang ke sini nanti, tidak banyak orang yang berwisata atau liburan di telaga yang cantik luar biasa ini.

Di Mariadei, menunggu perahu berangkat ke Papuma (Yapen Serui WordPress)

Tak hanya teluk Sarawandori, ada juga Pantai Mariadei yang memang menawarkan sejuta keindahan bagi masyarakat di sekitar, bahkan masyarakat luar maupun wisatawan domestik maupun luar negeri. Keindahan pantai ini membuat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung dari hari ke hari apalagi kalau hari liburan. Tidak hanya sekedar berenang di pantai, bahkan ada juga yang sekedar melepas lelah dengan menikmati pemandangan yang indah di sini di Pantai Mariadei.

Jika Anda bosan, bisa coba ke air terjun Mantembu yang cukup lumayan dingin dengan spot tak kalah bagus. Ada juga tanjung lobang dan beberapa pulau kecil yang bisa disinggahi. Masih banyak yang bisa Anda eksplorasi jika berkunjung ke kota ini.

Sumber: pacebro.com

SHARE