Festival Budaya Melanesia akan Digelar Juli 2018 di Solomon Islands

0
1345

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Kepulauan Solomon akan menjadi tuan rumah festival Seni dan Budaya Melanesia berikutnya (MACFest) pada tanggal 1 – 14 Juli 2018. Festival tersebut akan diselenggarakan juga bertepatan dengan ulang tahun ke-40 negara Solomon Islands.

Dikutip dari kantor berita Solomon Star News, MACFest diperkirakan menelan biaya sebesar $15 juta. Sumber pendanaan tersebut dari pemerintah Solomon Islands.

Seperti yang biasa terjadi, dan disepakati dalam KTT Menteri MSG minggu ini, negara-negara MSG juga akan memberikan bantuan untuk mendukung negara tuan rumah.

MACFest adalah salah satu hasil resolusi pertemuan Menteri MSG di Honiara minggu ini. Dua resolusi lainnya adalah ‘kerangka perlindungan dan penguatan Budaya Melanesia, serta kerjasama budaya antara negara-negara MSG’.

Hal ini ditegaskan oleh ketua MACFest, dan Sekretaris Tetap Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Andrew Nihopora.

Nihopora mengatakan, panitia bekerja pada kerangka waktu 6-7 bulan untuk memastikan persiapan dilakukan sebelum waktu festival sebenarnya.

“Tempat budaya utama adalah National Art Gallery. Pekerjaan sudah berjalan sekarang. Kami bekerja untuk memastikan kita semua bekerja sebulan sebelum acara dimulai,” ungkapnya.

Memperbarui pekerjaan persiapan utama, Direktur Kebudayaan yang juga anggota panitia penyelenggara MACFest, Dennis Marita mengatakan bahwa mereka telah belajar banyak dari Festival Seni Pasifik tahun 2012.

“Dari sisi fasilitas, kami melihat bangunan fasilitas yang lebih permanen di dalam area Galeri Seni yang bisa digunakan nantinya.”

“Pekerjaan konstruksi saat ini sedang berlangsung.”

Dia menjelaskan, tidak akan ada tempat satelit provinsi karena kendala anggaran. Seperti sebuah desa budaya akan dibangun di luar tempat festival utama yaitu Art Gallery.

Sekitar 2000 delegasi dari 5 negara MSG akan menghadiri acara ini, dimana masing-masing negara hanya memiliki 150 delegasi. Kepulauan Solomon akan memiliki 300 delegasi.

Juga akan ada delegasi yang diundang dari Papua Barat, Timor Leste, dan Pulau Selat Torres di Australia.

Kepulauan Solomon adalah negara MSG pertama yang menjadi tuan rumah Festival Seni Melanesia pada tahun 1998. Festival ini akan diadakan setiap empat tahun sekali.

Lima negara MSG adalah Papua Nugini, Fiji, Vanuatu, Kaledonia Baru, dan Kepulauan Solomon.

Saat ini Papua Barat telah mendapatkan status pengamat di MSG.

Tema MACFest adalah, “Past Recollection for Future Connections.”

Sumber: Solomon Star News

print