Peta NASA Ungkap Gletser Puncak Jaya Lenyap Secara Drastis

0
3944

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Citra satelit yang dirilis oleh NASA memperlihatkan betapa cepatnya gletser di puncak pegunungan Jayawijaya musnah. Puncak pegunungan ini adalah satu-satunya wilayah Indonesia yang memiliki salju.

Gambar ini direkam dengan Thematic Mapper di Landsat 4 dan Landsat 5, menunjukkan gletser di Puncak Jaya di Papua dengan ketinggian 4.884 meter di tahun 1988. Dan pada tahun 2017 oleh Operational Land Imager (OLI) melalui satelit Landsat 8. Di tahun 1988 dalam gambar menunjukkan lima gletser di Puncak Jaya, namun di tahun 2017, dua gletser tersebut hilang total, sementara tiga sisanya menyusut secara drastis.

Baca Juga:  Lima Bank Besar di Indonesia Turut Mendanai Kerusakan Hutan Hingga Pelanggaran HAM

Menurut perkiraan NASA dengan angka penyusutan seperti saat ini, seluruh gletser di Papua bisa lenyap dalam kurun waktu 20 tahun mendatang.

Para ahli belum menyebutkan apa yang menyebabkan penyusutan gletser tersebut, namun perubahan suhu, kelembaban, penyerapan dan tutupan awan bisa menjadi penyebab. Baik faktor iklim dan deforestasi di level lokal bisa menyebabkan perubahan-perubahan tersebut.

ads
Baca Juga:  Warga Tiom Ollo Duduki Kantor Bupati Lanny Jaya Minta Atasi Bencana Longsor

Menurut Andrew Klein, seorang profesor geografi di Universitas Texas A & M yang telah mempelajari wilayah tersebut, penurunan tersebut kemungkinan dimulai sejak sekitar tahun 1850-an.

Baca berita asli di sini

Sumber: pacebro.com

Artikel sebelumnyaBeberapa Pemain Senior akan Dicoret dari Persipura?
Artikel berikutnyaPT. BAPP Serobot Tanah Adat Seluas 19,3 Ha Milik Suku Mpur di Lembah Kebar Tambrauw