Rifai Darus Akui Pemda Tolikara Dukung Penuh KNPI

0
4102

KARUBAGA, SUARAPAPUA.com — Pemerintah Kabupaten Tolikara diberi jempol oleh M. Rifai Darus, ketua umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), karena mendukung penuh keberadaan KNPI di kabupaten itu dengan cara membangun kantor di Karubaga.

Rifai Darus menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Kabupaten Tolikara, Rabu (21/3/2018).

ā€œSungguh luar biasa sekaligus DPP menyampaikan terima kasih kepada Pemda dalam hal ini Bupati dan wakil Bupati Tolikara, sebab menurut laporan KNPI Provinsi Papua bahwa untuk wilayah pegunungan, Tolikara pertama membangun kantor KNPI. Karena itu sekali lagi kami sampaikan terima kasih,ā€ ungkapnya.

Pelaksanaan Musda KNPI Tolikara secara resmi dibuka Bupati Tolikara didampingi Rifai Darus, sekretaris KNPI Pusat, utusan Menpora, sekretaris KNPI Papua, wakil ketua I DPRD Tolikara Epius Obama Tabo, dan peserta Musda yang adalah para pemuda dari 46 distrik dan organisasi kepemudaan (OKP).

Baca Juga:  Konflik Horizontal di Keneyam Masih Berlanjut, Begini Tuntutan IPMNI

Rifai mengungkapkan, Tolikara mencatat sejarah karena di hari ini boleh melakukan kegiatan penting yakni peletakan batu pertama pembangunan kantor KNPI dan pembukaan Musda di alam terbuka.

ads

ā€œTolikara menorehkan sejarah, karena baru pertama kali peletakan batu pertama dengan pembukaan Musda KNPI Tolikara di alam terbuka. Ini sungguh luar biasa,ā€ tuturnya.

Bagi Rifai, hal ini bisa memberi inspirasi bagi teman-teman luar 513 kabupaten/kota seluruh Indonesia. ā€œSaya kira hal sama seperti ini bisa dilakukan oleh teman-teman dari daerah lain. Ya, selama ini kita bikin kegiatan dalam ruangan. Tetapi sekarang bisa lakukan pembukaan Musda dengan peletakan batu pertama di luar ruangan. Saya merasakan hal baru,ā€ akuinya.

Ketua umum DPP KNPI juga mengatakan, KNPI bersama Kemenpora tak mau ketinggalan membangun pemuda di Tolikara, sehingga Bupati membangun gedung Kemenpora melalui KNPI membantu mengisi gedung dengan pengadaan alat kantor dari Menpora.

Baca Juga:  Panglima TNI Bentuk Koops Habema Tangani Papua

ā€œMari bersama kita membangun pemuda Tolikara,ā€ ujar Rifai sembari berpesan agar tidak bosan-bosan berkomunikasi dengan DPP untuk berbuat sesuatu demi memajukan generasi muda siap tampil beda.

Pemuda menurut Bupati Usman G. Wanimbo, merupakan tulang punggung bangsa, tiang negara dan agen perubahan. Untuk itu, dirinya tetap mendukung eksistensi KNPI sebagai wadah bagi para pemuda.

Bupati membuka kegiatan Musda dan peletakkan batu pertama pembangunan gedung KNPI di alam terbuka ini memang hal jarang terjadi. ā€œIni pertama kali sejarah di Tolikara. Ada inspirasi karena KNPI Tolikara buat hal yang baru,ā€ ujarnya.

Usman Wanimbo akui bahwa pembangunan kantor KNPI di daerah perkotaan mungkin sudah ada, tetapi khusus di wilayah Lapago maupun pegunungan umumnya belum ada. ā€œTolikara bangun kantor KNPI duluan,ā€ kata bupati.

Baca Juga:  KPU Lanny Jaya Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara

Wanimbo berharap agar melalui KNPI dapat melatih diri generasi muda yang siap menjadi pemimpin terbaik di masa depan Tolikara, Papua dan Indonesia.

ā€œPilih ketua KNPI Tolikara yang baik secara demokrasi sesuai dengan AD/ART KNPI. Siapapun terpilih menjadi ketua, yang kalah rangkul dalam komposisi supaya pemuda sebagai mitra pemerintah bisa berkontribusi bagi daerah ini,ā€ ajak Wanimbo.

Diakuinya, pemuda memilik power yang dapat diandalkan. Untuk itu, kekuatan pemuda sekarang harus bersama menjadi mitra pemerintah daerah.

ā€œPemuda Tolikara tetap bersatu tanpa ada warna-warni. Tidak ada kubu-kubu. Memilih seorang ketua dan menyusun struktur secara bersama. Kemarin dalam Pilkada sudah terpilih satu berarti semua masyarakat Tolikara ini orangtua saya dan kita satu untuk lanjutkan pembangunan,ā€ tutur bupati Usman.

Pewarta: Nay Yigibalom
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaOknum Brimob di Tolikara Aniaya Pasien Gangguan Jiwa
Artikel berikutnyaGereja Boleh Jalankan Kolekte bagi Korban Gempa Bumi di PNG