PPMN Gelar Pelatihan Citizen Journalist di Dekai

0
2385

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) gelar pelatihan jurnalis warga atau citizen journalist kepada dua puluh satu pemuda di gedung Gereja Katolik Santo Yosep Dekai, ibukota kabupaten Yahukimo, Selasa (27/3/2018).

Ence Geong, anggota jurnalis warga Wamena yang juga menjadi pemateri dalam pelatihan itu mengatakan, pelatihan jurnalis ini penting dilakukan karena banyak masyarakat yang suaranya dibungkam, sehingga untuk mengangkat suara mereka harus ada yang menulis.

“Saya akan ada bersama teman-teman di sini selama satu tahun. Kita akan terus belajar sama-sama dan bersama Piter dan Ardi untuk mendampingi agar teman-teman bisa mengangkat suara warga masyarakat di sekitar kita,” kata Ence di sela-sela pelatihan itu.

Baca Juga:  LMA Malamoi Fokus Pemetaan Wildat dan Perda MHA

Ence mengatakan, semua manusia di negara ini punya hak yang sama untuk menuntut kinerja pemerintah, baik itu terhadap pemerintah daerah hingga pemerintah pusat karena rakyat membayar bajak.

“Untuk mengangkat suara masyarakat kita khususnya di Kabupaten Yahukimo, kita perlu pendampingan dan pelatihan seperti ini,” bebernya.

ads

Menurutnya, kegiatan pelatihan ini yang ketiga. Pelatihan sebelumnya dilakukan dua kali, tetapi tidak diteruskan dengan pendampingan karena tidak ada tenaga.

Baca Juga:  PMKRI Kecam Tindakan Biadap Oknum Anggota TNI Siksa Warga Sipil di Papua

“Saya bisa, tetapi waktu itu saya harus ke Wamena untuk melakukan pendampingan di sana, sehingga ketinggalan. Sekarang ada bantuan juga dengan teman-teman wartawan suarapapua.com dan Jubi, jadi kedepan akan kita melakukan pendampingan secara bersama.”

“Ya, harapan saya bahwa dengan kegiatan yang ketiga ini teman-teman bisa menulis apa yang dilihat dan dirasakan di lingkungan dimana kita berada. Dan untuk kegiatan ini ada sekitar 21 peserta, nanti kalau ada yang mau gabung boleh,” tutur Ence.

Baca Juga:  Pemkab Lanny Jaya Bersama Berbagai Pihak Deklarasikan Pemilu Damai

Ruland Kabak, salah satu peserta pelatihan mengatakan, kegiatan seperti ini luar biasa, sehingga perlu rekan-rekan wartawan terus melakukan pendampingan.

“Kami mau terus didorong karena banyak persoalan di kabupaten ini, baik dari pendidikan kesehatan hingga politik kepada dunia luar,” pinta Ruland.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaTelur yang Menetas di Tanah Damai: Resolusi Konflik dari Dalam OAP
Artikel berikutnyaKecurangan dan Manipulasi Mengancam Integritas Komisioner Pemilu