Tanah PapuaMeepagoKPUD Paniai Didemo Minta Yulkam Direkrut

KPUD Paniai Didemo Minta Yulkam Direkrut

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Masa pendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Paniai, Yulius Kayame-Martinus Keiya, melakukan aksi demonstrasi di kantor KPUD Paniai, meminta pasangan mereka harus diikutsertakan dalam Pilkada Paniai.

“Yulius Kayame dan Yohanes Keiya sudah diputuskan menang di PTUN Makasar, maka KPUD dan Panwas harus teruskan putusan itu di daerah tanpa alasan apapun,” kata Yosua Kayame, kordinator demo, Selasa (17/4/2018).

Dia mengatakan, lambatnya penetapan bakal calon oleh KPUD merupakan taknik untuk kembali mau menjatuhkan pasangan mereka.

Baca Juga:  Forum Pro Demokrasi Akan Laporkan Pelanggaran Pemilu Distrik Dekai Kepada Bawaslu Yahukimo

“Semua proses gugat-menggugat sudah selesai, terus kenapa sampai sekarang KPU belum juga tetapkan semua bakal calon menjadi calon tetap. Ada apa. Ini yang bikin kami demo,” kata dia.

Zebulon Gobai, komisioner KPUD, mengatakan untuk melaksanakan semua itu harus mengikuti mekanisme hukum dan intruksi dari pihak berwenang tertinggi.

“Kami KPU tidak bisa ambil keputusan luar dari aturan yang ada. Kami selama ini ikuti koridor hukum. Untuk itu, kalian jangan salah pikir bahwa kami ini bertindak seenak atau memihak,” kata dia, ketika bertemu masa aksi.

Baca Juga:  12 Parpol Desak DKPP Periksa Komisioner KPU Raja Ampat

Untuk itu, dirinya meminta masa aksi untuk ikuti proses tahap demi tahap tanpa melakukan keributan dan tindakan-tindakan anarkis.

“Kami tidak bisa kasih jawaban sekarang, apakah pasangan calon kalian akan diterima atau tidak. Kami harus lakukan dulu pertemuan dengan semua bakal calon. Jadi kalian tenang. ,” ucap dia.

Yulius Kayame, calon Bupati Paniai 2018, meminta KPUD dan Panwas bekerja bersama untuk melahirkan keputusan yang dapat diterima semua pihak.

Baca Juga:  Demo KPU, Massa Aksi Tuntut Keterwakilan Tambrauw di DPR PBD

“Ini negara hukum. Hukum harus ditegakkan. KPU dan Panwas harus kerja sama sekarang. Jangan jalan sendiri-sendiri,” tekan dia.

Pewarta: Stevanus Yogi

Editor: Arnold Belau

Terkini

Populer Minggu Ini:

Upaya Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Jaga Pasokan BBM Saat...

0
“Terkait lonjakan kebutuhan bahan bakar, kami sudah prediksi akan terjadi, sehingga upaya yang kami lakukan adalah dengan memastikan ketahanan stok BBM harus dalam kondisi yang mencukupi untuk melayani kebutuhan masyarakat di masa RAFI ini,” kata Sunardi.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.