BeritaRI Setuju Malaysia Garap Infrastruktur Produksi Gas di Papua

RI Setuju Malaysia Garap Infrastruktur Produksi Gas di Papua

KUALA LUMPUR, SUARAPAPUA.com – Perusahaan Malaysia, Genting Bhd, mengumumkan perusahaan itu telah mendapat persetujuan dari pemerintah RI untuk mengembangkan infrastruktur produksi gas di Papua.

Infrastruktur ini berada dalam wilayah konsesi blok Kasuri di Papua, yang diberikan kepada Genting Minyak Kasuri Pte Ltd (GOK) pada tahun 2008.

Pengumuman ini terungkap dalam surat yang disampaikan oleh Genting Bhd kepada Bursa Malaysia Jumat (04/05) lalu, dikutip dari The Star Online.

“GOK berencana untuk memasok 170 juta kaki kubik per hari gas alam selama 20 tahun ke pabrik petrokimia yang akan dibangun di kawasan Teluk Bintuni,” demikian pernyataan tersebut.

Kontrak bagi hasil (PSC) untuk konsesi Kasuri akan berakhir pada 2038.

Genting mengatakan persetujuan untuk tahap pertama pembangunan (POD 1) struktur Asap, Merah dan Kido adalah puncak dari pengeboran ekstensif dan aktivitas seismik 2D dan 3D di blok Kasuri selama beberapa tahun.

Baca Juga:  Pacific Network on Globalisation Desak Indonesia Izinkan Misi HAM PBB ke West Papua

Ini adalah langkah lanjut bagi GOK untuk memulai fase pengembangan Kasuri PSC.

“POD 1 akan menggunakan 1,7 triliun kaki kubik (tcf) cadangan gas dalam formasi Roabiba dalam struktur Asap, Merah dan Kido (AMK),” katanya.

GOK adalah unit yang sepenuhnya dimiliki oleh Genting Oil & Gas Ltd (Genting O & G), yang merupakan anak perusahaan tidak langsung 95% dari Genting.

“Genting O & G telah terlibat dalam diskusi dan studi dengan perusahaan milik negara Tiongkok dalam kaitannya dengan potensi pasokan gas yang dihasilkan dari GOK di bawah POD1 ke pabrik petrokimia yang diusulkan untuk dimiliki oleh perusahaan Tiongkok,” katanya.

Baca Juga:  Akomodir Aspirasi OAP Melalui John NR Gobai, Jokowi Revisi PP 96/2021

Di atas 1.7 tcf gas yang dialokasikan untuk POD 1, Blok Kasuri memiliki potensi tinggi untuk pengembangan lebih lanjut.

“Ada lebih dari 10 struktur prospektif yang diidentifikasi dalam areal, yang hanya tiga-AMK – yang direncanakan untuk dikembangkan dalam POD 1. Struktur yang tersisa dan struktur prospektif lainnya memiliki beberapa tcf sumber daya gas untuk dieksplorasi di masa depan,” kata Genting.

Blok Kasuri juga memiliki formasi bantalan gas bertumpuk ganda. POD 1 berhubungan dengan pengembangan formasi Roabiba, yang merupakan salah satu dari enam formasi bantalan gas yang teridentifikasi.

Chief Executive Genting O & G, TS Ong, dalam sebuah pernyataan hari ini, mengatakan bahwa data awal menunjukkan bahwa formasi Steenkool saja dapat menyumbangkan tambahan 1 hingga 2 tcf sumber gas ke blok Kasuri.

Baca Juga:  KPU Tambrauw Resmi Tutup Pleno Tingkat Kabupaten

Ada juga formasi Kais, yang jika terbukti mengandung gas, akan “meningkatkan sumber daya gas Kasuri kami berkali-kali,” katanya.

Di bawah POD 1, GOK akan memulai dengan desain rekayasa ujung depan untuk pipa gas, stasiun pengumpulan gas, pabrik pemrosesan gas dan fasilitas lainnya untuk menghasilkan 1,7 tcf gas dari struktur AMK.

“Sumber daya gas tambahan yang ditemukan dalam formasi Steenkool dan Kais dan dalam eksplorasi masa depan dapat digunakan untuk memperpanjang masa produksi dan meningkatkan kapasitas pabrik petrokimia yang disebutkan di atas sebagai variasi untuk POD 1, atau pasokan gas untuk pengembangan yang sama sekali baru seperti fasilitas gas alam cair di bawah rencana pengembangan baru, “kata Genting.

Pewarta: Wim Geissler

Terkini

Populer Minggu Ini:

TPNPB: Danramil Aradide Ditembak Karena Melakukan Aktivitas Mata-Mata

0
“Orang Papua yang terlibat sebagai Banpol atau mata-mata TNI dan Polri, akan kami eksekusi. Warga imigran yang ada di wilayah perang, kami minta segera angkat kaki dari wilayah perang kami,” ujarnya dengan tegas.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.