Nasional & DuniaPolda Aceh Kirim 100 Personel Brimob untuk Pengamanan PT Freeport

Polda Aceh Kirim 100 Personel Brimob untuk Pengamanan PT Freeport

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Polda Aceh mengirim 100 personel Satuan Brimob Aceh untuk melaksanakan tugas BKO ke Polda Papua, dalam rangka pengamanan PT Freeport Indonesia.

Seperti dikutip media ini dari serambinews.com, ke-100 personel Brimob Polda Aceh itu dilepas oleh Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak dalam upacara pelepasan di halaman Mapolda Aceh di Banda Aceh, Senin (7/5/2018).

Hadir dalam upacara itu Wakapolda Aceh, Brigjen Pol Supriyanto Tarah, para pejabat utama, personel Satbrimob, para anggota Polri, dan PNS Polda Aceh lainnya.

Kapolda Aceh dalam amanatnya mengatakan, pengiriman pasukan BKO ke luar Aceh merupakan hal yang kesekian kalinya dilakukan oleh Polda Aceh.

“Hal ini tentunya membuktikan bahwa Polda Aceh sebagai bagian integral dari Kepolisian Republik Indonesia masih dipercayakan untuk melaksanakan tugas di wilayah hukum polda lain,” kata Irjen Pol Rio S Djambak.

Baca Juga:  Soal Satu WNA di Enarotali, Begini Kata Pakum Satgas dan Kapolres Paniai

Kapolda menambahkan, satuan brimob sebagai salah satu satuan khusus di kepolisian yang memiliki peran utama dalam membantu satuan kewilayahan untuk menanggulangi gangguan kamtibmas berkadar tinggi.

“Dituntut untuk mampu dan senantiasa siap dalam menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat sebagaimana yang telah diamanatkan dalam undang-undang Kepolisian Negara Kesatuan Republik Indobesia,” kata Rio.

Semua personel lanjut Kapolda, tentunya memiliki tingkat kesiapan operasional yang tinggi dalam situasi apapun, di manapun dan kapanpun dalam melaksanakan tugas yang diembannya.

“Sebagai salah satu implementasi tugas tersebut, pagi ini saya melepas 100 personel Satbrimob Polda Aceh untuk melaksanakan tugas pengamanan menggantikan personel Satbrimob Polda Sulawesi Tenggara yang telah selesai melaksanakan tugas sebagai BKO Polda Papua khususnya pengamanan di areal PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika, Papua yang merupakan salah satu objek vital nasional,” kata Kapolda Rio.

Baca Juga:  Empat Terdakwa Pembunuhan Bebari dan Wandik Dibebaskan, Wujud Impunitas

Dikatakan Kapolda, intensitas kerawanan di wilayah Kabupaten Mimika khususnya di area kontrak kerja PT Feeport Indonesia secara umum relatif kondusif.

“Di sana saudara akan bertugas dalam satgas pengamanan areal PT Freeport Indonesia dengan mengedepankan kegiatan penjagaan, pengawalan, patroli dan penegakan hukum,” katanya.

Tujuan pengamanan yang dilaksanakan nanti adalah untuk mencegah dan menanggulangi kejahatan bersenjata yang dapat mengancam stabilitas keamanan di wilayah hukum Polda Papua dan menghambat aktifitas di areal kontrak kerja PT Freeport Indonesia.

Baca Juga:  Panglima TNI Didesak Tangkap dan Adili Prajurit Pelaku Penyiksa Warga Sipil Papua

“Kemudian, melaksanakan proses penegakan hukum terhadap kejahatan kelompok kriminal bersenjata, sehingga terciptanya rasa aman dan tertib dalam masyarakat khususnya di area PT Freeport Indonesia,” demikian Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak dalam amanatnya.

“Sebagai salah satu implementasi tugas tersebut, pagi ini saya melepas 100 personel Satbrimob Polda Aceh untuk melaksanakan tugas pengamanan menggantikan personel Satbrimob Polda Sulawesi Tenggara yang telah selesai melaksanakan tugas sebagai BKO Polda Papua khususnya pengamanan di areal PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika, Papua yang merupakan salah satu objek vital nasional,” kata Kapolda Rio.

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Polda Aceh Kirim 100 Personel Brimob untuk Pengamanan PT Freeport di Papua 

 

Sumber: serambinews.com via aceh.tribunnews.com

Terkini

Populer Minggu Ini:

Ancaman Bougainville Untuk Melewati Parlemen PNG Dalam Kebuntuan Kemerdekaan

0
"Setiap kali kami memberikan suara di JSB [pertemuan Badan Pengawas Bersama yang melibatkan kedua pemerintah], kami membuat komitmen dan kami mengatakan bahwa semua hal ini perlu diperhatikan dan ketika kami kembali ke JSB berikutnya, isu-isu yang sama masih mengotori agenda JSB, karena tampaknya tidak ada yang mengatasinya."

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.