Gapensi Yahukimo Miliki Kantor, Giban Siap Tertibkan Semua Kontraktor

0
2408

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com — Kantor cabang Gabungan Pelaksana Kontruksi Nasional Indonesia (Gapensi) hadir di Kabupaten Yahukimo, Jumat (18/5/2018) dengan tujuan semua perusahaan kecil maupun besar yang ada bisa ditertibkan dan berjalan melalui satu pintu.

Dariame Giban, ketua Gapensi Kabupaten Yahukimo saat meresmikan kantor cabang yang ditandai dengan pendirian papan nama di salah satu rumah kontrakan di Dekai, mengatakan, kantor tersebut hadir sebagai mitra kerja dengan pemerintah daerah.

“Hari ini secara resmi kami mendirikan kantor cabang di Yahukimo agar semua yang mendapat paket pekerjaan harus sepengetahuan Gapensi, sehingga wajib melengkapi dokumen dan berkasnya,” ungkap Giban.

Baca Juga:  Pemkab Yahukimo Belum Seriusi Kebutuhan Penerangan di Kota Dekai

Ditegaskan, Gapensi akan mendata semua perusahaan yang ada di Yahukimo. Hal ini penting karena dirinya menilai kebanyakan kontraktor ada yang tidak resmi tanpa melalui Gapensi setempat.

“Kami menilai KTA yang mereka pakai adalah dari luar semua. Sekarang akan kita tertibkan semua administrasi seperti KTA, SKT dan lainnya supaya ketika siapapun kontraktor atau perusahaan yang masuk di Yahukimo harus melalui Gapensi,” ujarnya.

ads
Baca Juga:  BREAKING NEWS: 10 Kantor OPD di Kabupaten Sorong Dipalang

Terkait hal itu, ia tegaskan, sebelum mendapat dan mengerjakan paket proyek dari pemerintah daerah, jumlah perusahaan dan berapa anggota yang punya PT kategori 1, 2 dan lain semuanya akan didata oleh pengurus Gapensi Yahukimo.

“Kami akan mendata benar-benar sesuai dengan kualifiaksi PT maupun CV yang ada supaya kontraktor yang membantu untuk mempercepat pembangunan di kabupaten Yahukimo ini berjalan satu pintu. Kita lihat selama ini berjalan sembarang. Itu tidak boleh terjadi. Tujuan pendirian kantor ini sesungguhnya untuk menertibkan semua perusahaan yang ada,” jelas Giban.

Baca Juga:  Dukung Kanaky Bebas Dari Prancis, KNPB Gelar Aksi di Jayapura

Palma Matuan, kepala Distrik Musaik, pemilik rumah yang dikontrak sebagai kantor Gapensi Yahukimo, mengatakan, ia bersedia serahkan rumahnya untuk dikontrak karena pimpinan Gapensi telah menghubungi lebih awal dan ada kesepakatan.

“Saya perintahkan tukang saya untuk bikin ruang tamu, ruang ketua dan sekretaris. Tukang sudah bikin, dan selanjutnya pengurus Gapensi akan atur sendiri. Saya sudah serahkan kunci rumah,” kata Matuan.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaUsai Bantai Madura United 6-0, Persipura Fokus Hadapi Persija
Artikel berikutnyaDampak BBM Habis, Harga Ojek di Dekai Naik