Soedarmo Lantik Musa Isir Sebagai Penjabat Bupati Paniai

0
2960
Penjabat Bupati Paniai, Musa Isir ketika menandatangani SK pelantikan. (Stevanus Yogi - SP)
adv
loading...

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Soedarmo, Penjabat Gubernur Papua pada hari Rabu (23/5/2018) secara resmi melantik Musa Isir, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Papua sebagai Penjabat Bupati Paniai.

Pelantikan itu dilakukan di Aula Kantor Bupati Paniai di Madi.

Gubernur Soedarmo dalam arahannya mengatakan, pelantikan dilakukan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 1999 dan Undang-Undang Pemilu Nomor 5 Tahun 2015.

“Berdasarkan dua landasan hukum ini saya lakukan pelantikan, karena masa kerja Plt. Bupati Paniai yang dijabat oleh Yohanes You sudah berakhir pada 16 April 2018 lalu,” tuturnya.

Baca Juga:  57 Tahun Freeport Indonesia Berkarya

Dikatakan, tanggal 16 April 2018 adalah batas waktu masa kerja pemerintahan definitif Kabupaten Paniai selama lima tahun (2013-2018), maka Yohanes You sebagai Wakil Bupati ditunjuk untuk melanjutkan sisa waktu tersebut dengan jabatan pelaksana tugas.

ads

“Dimana SK Plt. untuk Yohanes You terbit dari tanggal 15 Februari sampai 16 April 2018 karena dia tidak calon Bupati. Jadi bukan sampai 23 Juni, itu tidak benar. Itu SK cuti diluar tanggungan negara yang diberikan kepada bupati non-aktif Paniai, Hengki Kayame, karena dia kembali mencalonkan diri dalam Pilkada,” ungkapnya.

Baca Juga:  ULMWP Kutuk Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

Lanjut Soedarmo, “Maka sekali lagi saya lakukan ini bukan raba-raba. Ini negara hukum. Saya lakukan sesuai hukum yang ada, yang berlaku di negara ini.”

Oleh sebab itu, ia minta kepada Penjabat Bupati Paniai untuk segera memulihkan semua pelayanan pemerintahan yang sudah lumpuh selama lima bulan ini.

“Saya dengar selama ini roda pemerintahan Paniai tidak berjalan. Untuk itu, besok juga Penjabat Bupati langsung laksanakan tugas yang diberikan. Bayarkan semua hak para ASN dan kepala kampung, juga rangkul semua SKPD yang ada serta para tokoh-tokoh dari semua kalangan masyarakat,” tukasnya.

Baca Juga:  Dua Anak Diterjang Peluru, Satu Tewas, Satu Kritis Dalam Konflik di Intan Jaya

Selain itu, ia berharap kepada Penjabat Bupati untuk jalin komunikasi dengan pihak TNI, Polri, pengadilan, kejaksaan serta pejabat lainnya di Paniai agar tercipta suasana yang aman, damai dan tertib untuk menghindari terjadinya konflik.

“Semua SKPD baik yang sudah dilantik maupun yang belum harus dukung kerja penjabat baru, biar ada kekompokan dan kebersamaan dalam melaksanakan tugas masing-musing di daerah ini,” pungkasnya.

Pewarta: Stevanus Yogi
Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaSolomon Islands Rumuskan Ulang Sikap atas Referendum Papua
Artikel berikutnyaPerjalanan Benny Wenda dari Penjara Abepura ke Internasional dan Pimpin ULMWP (Bagian 1)