Kunker ke Paniai Disambut Demo, Kapolda: Harus Tenang

0
2415

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Kunjungan kerja (Kunker) Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Boy Rafli Amar dan rombongannya ke Kabupaten Paniai, Senin (28/5/2018) kemarin, mendapat sambutan aksi demonstrasi damai dari masyarakat dan para Aparatur Negara Sipil (ASN) yang dimulai sejak pagi.

Akibatnya, rencana kunker Kapolda dalam rangka tatap muka dan buka puasa bersama seluruh elemen masyarakat Paniai di Mapolres Paniai, Madi, batal dilakukan.

Aksi ini sengaja dilakukan karena tahu pada hari itu Kapolda akan berkunjung ke Paniai. Tujuannya menolak Musa Isir sebagai Penjabat Bupati Paniai dan meminta jabatan tersebut dilanjutkan oleh Plt Yohanes You, didengar dan dijawab langsung Kapolda.

Pantauan suarapapua.com, aksi di Kantor Bupati berlangsung sejak pagi sekitar pukul 08.30 WIT, sebelum Kapolda Papua tiba di Paniai. Aksi dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Paniai, Herman Adii, Sekda Paniai, Amatus Tatogo dan Ketua LMA Kabupaten Paniai, Marselus Tekege.

Ketua DPRD Paniai, Herman Adii, dalam orasinya mengatakan, kedatangan Kapolda di Paniai adalah momen tepat untuk menyelesaikan sengketa di pemerintah kabupaten Paniai.

ads
Baca Juga:  KPU Deiyai Tuntaskan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

“Saya minta Kapolres cepat panggil dan hadirkan di sini semua pihak yang sudah berjuang menunjuk Musa Isir sebagai Penjabat Bupati,” tegas Adii.

Lanjut ketua dewan, pihaknya dan pihak tersebut sama-sama menyampaikan dasar hukumnya di hadapan masyarakat dan Kapolda Papua.

“Mana DPRD Naftali Pakopa, Benny Yogi dan Philemon Kayame, juga Herman Kayame. Cepat datang sebelum Kapolda tiba supaya kita sama-sama selesaikan masalah ini sebentar. Supaya jelas siapa yang benar dan tidak,” ucapnya.

Amatus Tatogo juga meminta kepolisian menghadirkan setiap SKPD lama dan baru.

“Semua SKPD lama dari Hengki Kayame dan baru dari Plt Bupati Yohanes You harus hadir di sini supaya tidak terjadi benturan saat kerja,” lanjut Amatus.

Namun permintaan itu dihiraukan polisi.

Pada kesempatan itu, Yohanes You juga menyampaikan bahwa rentetan aksi yang dilakukan masyarakat dan ASN sejak pelantikan Penjabat Bupati, Musa Isir, adalah murni inisiatif mereka.

“Setiap demo atau keributan dan kericuhan yang dilakukan selama ini, murni inisiatif mereka. Tidak pernah saya minta, tidak pernah saya suruh mereka lakukan itu semua. Karena kalau saya mau ribut, sebenarnya dari dulu saat masih menjabat Wakil Bupati. Karena jangankan mobil atau lainnya, laptop saja saya tidak dikasih Pemda. Semua hak dan kewajiban saya, semua diambil alih oleh kosong satu Hengki Kayame,” ungkap You.

Baca Juga:  Gawat! Di Mimika, 2.500 Ekor Babi Mati Terserang Virus ASF

Setelah itu, sambil menunggu kedatangan Kapolda, massa terus melakukan orasi. Hingga Kapolda datang menemui mereka pada pukul 15.30 WIT.

Jaga Kerukunan

Kapolda Papua berpesan kepada masyarakat Paniai agar menjaga keamanan dan ketertiban bersama, apalagi di kabupaten ini akan laksanakan Pilkada serentak tahun 2018 untuk memilih bupati dan wakil bupati periode 2018-2023.

Sukseskan pesta demokrasi dalam situasi aman dan damai adalah juga harapan Kapolda yang disampaikan kepada semua pihak di Kabupaten Paniai.

Hal sama diungkapkan dalam kunker ini saat Safari Ramadhan di Masjid Al-Mubaraq Enarotali, Paniai, Selasa (29/5/2018).

Dalam ceramahnya dihadapan jamaah, Kapolda minta agar umat Islam yang ada di daerah ini sebagai warga negara harus meningkatkan kebersamaan dan kerukunan jelang pelaksanaan Pilkada Paniai.

Baca Juga:  Hujan di Sorong, Ruas Jalan dan Pemukiman Warga Tergenang Air

“Harus tenang. Ribut tidak akan selesaikan masalah. Untuk itu, tugas kita semua sukseskan jalannya agenda Pilkada. Kami berharap tetap lancar dan terjaga keamanan demi wujudkan Pilkada yang aman dan damai untuk memilih figur pemimpin di kabupaten ini,” kata Kapolda Papua.

Soal pengamanan selama pentahapan Pilkada yang aman dan damai di Paniai, pihaknya memperkuat kekuatan personil. Termasuk penugasan personil untuk membantu BKO kepada Polres Paniai.

Juga tentu tetap jalin hubungan yang baik dengan para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, pemuda, perempuan dan semua pihak untuk meminimalisir berbagai isu dan ancaman yang berkembang akhir-akhir  ini di kabupaten Paniai terutama setelah pelantikan Penjabat Bupati.

Ikut dalam kunjungan ini, Pejabat Utama Polda Papua, Kasdam XVII Cenderawasih, Danrem Biak 172 PYD, dan Kabinda Provinsi Papua.

Pewarta: Stevanus Yogi
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaMassa Aksi Pecahkan Kaca Mobil Polisi di Kantor KPU Yahukimo
Artikel berikutnyaLiga 3 Zona Papua Ditunda, Ini Penyebabnya