Pemuda Gereja Baptis Sedunia Gelar Hari Doa di Nabire

0
2997

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Ketua Pemuda Baptis Sedunia Perwakilan Indonesia, Parel L Wenda mengatakan pada tanggal 16 dan 17 Juni 2018 pemuda gereja baptis gelar hari doa sedunia di Nabire, Papua.

Pares menjelaskan, Pemuda Baptis sedunia pada Konferensi ke-16 di Singapura yang  dilaksanakan pada 17-21 Juli 2013 mengawali komitmen pemuda Baptis se dunia untuk melaksanakan hari doa pemuda baptis sedunia setiap tanggal 10 Juni setiap tahun. Komitmen deklarasi hari doa tersebut diawali dengan seruan kampanye penginjilan diantara anak-anak muda di dunia Misi Gospel dimana G-giving, O-Open to God’s Mission, S-Speaking out, P-prophetic action, E-evangelization and L-living.

Ia mengatakan, Gospel ini mendorong setiap anak mada kapan dan dimana saja, baik atau tidak baik waktunya pemuda Pemuda Baptis dan Kristen wajib hukumnya memberitakan Injil kepada setiap. Deklarasi Singapura memandang bahwa dunia yang kita hidup saat ini, dunia juga sudah tidak perduli dengan kejujuran, perdamaian, kasih, suka cita dan pengharapan, karena itu pemuda/I diharapkan menjadi lilin kecil ditengah-tengah dunia yang hancur dan sudah tidak peduli dengan nilai-nilai kemanusiawian.

Baca Juga:  Tak Patuhi Aturan, 38 Anggota PPD di Intan Jaya Diberhentikan Sementara

“Tahun ini sebenarnya diselenggarakan pada tanggal 10 Juni 2018 namun bertabrakan dengan pelayanan lainnya, sehingga kami baru akan melaksanakan pelayanan doa ini pada 16-17 Juni 2018 yang dipusatkan di Nabire. Sementara di daerah atau wilayah pelayanan pemuda Baptis yang lain seperti di Wamena, Jayapura yang tidak ikut ke Nabire akan melaksanakan doa tersebut di setiap wilayah mereka pada sore harinya,” jelasnya kepada suarapapua.com pada Jumat (15/6/2018) kemarin di Jayapura.

“Selain berdoa, kami juga akan menggunakan waktu terbaik ini untuk ibadah KKR. Dimana pada pembukaan nanti kami akan menggelar ibadah KKR yang akan dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Papua, Pdt. Naftali Tabuni, pada minggu Pagi dilayani oleh Ev. Anthon Kogoya,  Ketua Wilayah Kabupaten dan Kota Jayapura. Lalu  sore hari akan dilaksanakan KKR sekaligus ibadah penutup seluruh rangkaian ibadah hari doa pemuda Baptis sedunia,” urainya.

ads
Baca Juga:  Seorang Fotografer Asal Rusia Ditangkap Apkam di Paniai

Dikatakan, Badan Pengurus Departemen Pemuda Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Papua turut hadir dalam ibadah ini.

“Kegiatan ini kali kedua kami laksanakan, dimana tahun 2017 kami lakukan di Jayapura. Tahun 2019 kami jadwalkan dilaksanakan di Tiom, Ibu Kota Kabupaten Lany Jaya dan tahun 2020 kami laksanakan di Timika, dan terus akan kami gilir setiap wilayah dilakukan, ibadah hari doa pemuda Baptis sedunia,” ungkap Pares.

Kata dia, masa jabatannya sebagai ketua akan berakhir pada tahun 2020, namun kegiatan doa pemuda Baptis sedunia akan tetap dilangsungkan setiap Tahun, dimana Departemen Pemuda Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Papua yang nantinya akan terus menyelenggarakan kegiatan hari doa ini.

“Saat ini kami sangat membutuhkan anak-anak Baptis Papua agar mengusai Bahasa Inggris, karena materi pokok doa didistribusikan di dalam Bahasa inggris 1 (satu) minggu sebelum kegiatan dilaksanakan dari kantor pusat di Washinton Street, Virginia, Amerika Serikat.  Kami sampaikan terima kasih kepada BWA (Baptist World Alliance) pada Departemen Pemuda BWA yang memberikan tugas dan tanggungjawab kepada kami PGBP menjadi salah satu pengurus setelah kami menjadi anggota penuh pada 02 Juni 1993,” katanya.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Bangun Jembatan Hubungkan Kampung Banti 2 dan Banti 1

Gereja Baptis ini sudah tersebar di 124 Negara. Dengan 238 organisasi Sinode-nya. Di Indonesia sekitar 3 sinode Baptis sebagai anggota resmi di BWA. Jumlah Umat Baptis secara global saat ini telah menembus 47,976,960 jiwa. Jumlah gereja 168,885. Demikin data resmi tahun 2016 yang laporkan BWA baik melalui website resminya maupun laporan hardcopy yang kami terima setiap tahun.

hari doa pemuda Baptis sedunia 2018 yang dilansungkan dengan tema: Orang-Orang Injili Berkomitmen Melaksanakan Penginjilan Dan Pemuridan. (Matius 28:18-20; Daniel 7:13-14.); Sub Tema Pemuda/I Baptis Papua Berkomitmen Menjangkau Jiwa Baru Dan Memuridkan Mereka Bagi Kristus. Markus 1:15; Yoel 2:1.

REDAKSI

Artikel sebelumnyaKronologi Pendampingan Hukum Terhadap Lima Korban di Timika
Artikel berikutnyaIPMMO Jawa dan Bali : Kondisi Mahasiswa Intan Jaya di Jawa dan Bali Memprihatinkan