Jaringan Telekomunikasi di Yahukimo Ditargetkan Beroperasi 2019

0
4536

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com— Pemerintah kabupaten Yahukimo menargetkan jaringan telekomunikasi di kabupaten tersebut sudah beroperasi pada tahun 2019.

Sebagai salah satu kabupaten pemekaran baru di wilayah pegunungan tengah Papua kabupaten Yahukimo terus meningkatkan mutu layanan bagi masyarakat, salah satunya melalui di bidang jaringan komunikasi.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Yahukimo, Yahik Suhuniap mengatakan, kebutuhan akan layanan jaringan komunikasi di kabupaten Yahukimo sangatlah penting dan telah menjadi kebutuhan primer, oleh sebab itu sebagai instansi teknis yang menangani terkait komunikasi dan informasi terus berinovasi untuk mewujudkan visi, misi dan program pemerintah kabupaten Yahukimo di bidang Kominfo.

Yahik suhuniap mengatakan,  kabupaten Yahukimo melalui dinas Kominfo pada tahun 2017 melalui program presiden untuk tower ini dari kementrian Kominfo yang dikelola melalui BP3TI yang dikelola sementara dari PT. Cenderawasih.

Di kabupaten Yahukimo mendapat 2 Noc dan 5 Repiter. Diataranya Noc pertama dibangun di Keike dan Noc kedua di Sumohai yang dibangun di distrik Soba.

Sementara untuk 5 Retiper masing masing dibangun di distrik Silimo, Soba, Kayo, Dekai dan Keike.

Kadis Kominfo Yahukimo menjelaskan, untuk wilayah pesisir pantai jaringan mengunakan jaringan serat optik dan untuk wilayah pegunungan tengah mengunakan sistem jaringan Microwave yang jangkauannya dapat menjangkau beberapa kabupaten yaitu Pegunungan Bintang dan Nduga serta kabupaten Jayawijaya melalui Noc Silimo.

Ia menambahkan, semua jaringan yang dibangun ini ditargetkan pada tahun 2019 jaringan telekomunikasi ini sudah dapat digunakan dan beroperasi di wilayah kabupaten Yahukimo.

Selain dua Noc dan lima Repiter, saat ini juga telah dibangun dua jaringan telekomunikasi berupa tower mini berukuran 35 meter di wilayah Moroku dan wilayah Tomon.

REDAKSI