Festival Olahraga Paralayang ke-5 Akan Digelar di Karubaga

0
3059

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Dalam rangka Hut ke 72 Kemerdekaan RI (17 Agustus 2018), Pemerintah Kabupaten Tolikara melalui Dinas Parawisata dan Kebudayaan akan menyelenggarakan Festival Paralayang 5 selama tiga hari, dari tanggal 6 hingga 8 Agustus 2018.

Festival Paralayang itu akan di gelar di bukit Pindelo dan puncak Banggeri Karubaga yang sudah menjadi destinasi wisata.
Sejumlah komunitas Paralayang dari beberapa daerah di Indonesia akan turut mengambil bagian meramaikan aksi melayang tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Derwes Yikwa mengatakan, terkait persiapan Festival itu, panitia di bawah koordinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tolikara telah melakukan beberapa persiapan, diantaranya membuat jalan menuju tempat start awal Paralayang dan transportasi lokal.

Baca Juga:  Universitas Queen Mary London Menjadi Tuan Rumah Pengadilan Kekerasan Negara di Papua

“Persiapannya sedang dilakukan dan koordinasi juga sedang berjalan. Semoga semua akan berjalan lancar hingga hari H nanti. Jadi, ada dua titik awal yaitu di Puncak Pindelo dan Puncak Banggeri,” kata Derwes kepada suarapapua.com melalui pesan singkatnya ke Jayapura, Minggu (29/7/2018).

Derwes menjelaskan, puncak Pindelo dan Banggeri sudah sering digunakan setiap tahun untuk cabang olahraga Paralayang.
Jumlah peserta yang akan mengambil bagian dalam festival tersebut kata Darwes belum bisa disebutkan jumlahnya, namun atlit olahraga Paralayang terbanyak dari Kabupaten Lanny Jaya, yakni 10 atlit.

ads
Baca Juga:  Gustaf Kawer: Kasus Teror Bom Adalah Perkara Serius yang Dianggap Remeh Aparat Penegak Hukum

Derwes menjelaskan, pemilihan tempat penyelenggaraan festival di Karubaga sebagai bagian dari persiapan menyambut PON 2020 dan moment lainnya.

“Kita tahu, Papua akan menjadi provinsi tuan rumah PON 2020 dan Tolikara dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan cabang olahraga paralayang. Jadi, ini juga untuk mengukur tingkat kesiapan daerah jelang tahun 2020 dan pengenalan daerah bagi para atlit olahraga,” ucapnya.

Baca Juga:  Pemprov Papua Tengah Siap Gelar Multi Event Cabor U-12 dan U-16 di Nabire

Oris Payokwa, Wakil Ketua DPC KNPI Tolikara mengapresiasi pelaksanaan Festival Paralayang 5 tersebut.

Ia juga mengapresiasi Pemkab Tolikara karena melalui penyelenggaraan iven seperti ini maka terbina atlit atlit muda berbakat dari Kabupaten Tolikara.

“Kami DPC KNPI Tolikara mengajak seluruh komponen masyarakat menjaga keamanan di daerah ini, karena iven seperti ini jarang dilakukan disini dan perlu dukungan kita sekalian agar pelaksanaanya berjalan lancar,” pungkas Payokwa.

Pewarta : Nay Yigibalom

Editor : Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaRencana FMPPF Demo Soal Freeport Diundur ke Sembilan Agustus
Artikel berikutnyaLima Belas Warga PNG Kabur dari Lapas Doyo