Sekda Yahukimo: Hut RI ke 73 Menjadi Momentum Pemersatu Bangsa

0
1193

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Sekda Yahukimo, Tarully Maniagasi berharap dalam rangka Hut kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018 sebagai momentum persatu semua komponen bangsa di Yahukimo.

Hal tersebut disampaikan Sekda dalam rapat koordinasi panitia Hut RI ke 73, yang berlangsung di ruang kerja Asisten III Setda Kabupaten Yahukimo, Rabu (9/8/2018).

Ia mengatakan, peringatan Hut RI ke 73 pada 17 Agustus 2018 akan dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan, diantaranya karnaval, jalan santai dan upacara kenaikan bendera serta upacara penurunan bendera.

Yang uniknya kata Sekda, pemerintah daerah tidak mengalokasikan anggaran dari APBD untuk perayaan Hut ini.

“Ini adalah sebuah paradikma baru bahwa momentum Hut RI ke 73 ini sebagai mementum menyatuhkan kita dan menuntut keterpangilan kita untuk merasakan bagaimana kita hidup di alam kemerdekaan ini,” kata Sekda Maniagasi, Rabu (9/8/2018).

Selain itu ia mengatakan, ulang tahun ini tidak bisa dimaknai sebagai ulang tahun kabupaten atau pemerintah dan institusi Polri/TNI, melaikan momentum bagi semua orang di Yahukimo.

“Saya memberikan apresiasi kepada semua komponen masyarakat yang telah mengambil bagian dan berpartisipasi bersama pemerintah daerah dalam memeriahkan Hut RI ke 73 di Yahukimo.”

Naftali Elopore, Ketua Panitia Hut RI ke 73 dalam pertemuan awal yang dilakukan pada tanggal 1 Agustus 2018 memberi apresiasi kepada kelompok usaha, masyarakat dan ASN yang mau mendukung kegiatan Hut RI ke 73.

“Dari pertemuan kami sepakati beberapa poin bahwa dana yang dibutuhkan berasal dari sumbangan wajib setiap SKPD sebesar 10 juta dan sumbangan sukarela 100 kotak nasi. Sementara kepala bagian dan staff ahli mendapat jatah Rp5 juta dan sumbangan sukarela lainnya dari pihak ketiga yang mana batas waktu pengumpulan pada rapat terakhir tanggal 13 Agustus 2018,” kata Naftali yang adalah Asisten III Setda Yahukimo.

Dengan demikian kata Elepore, dana yang dibutuhkan dalam perayaan Hut RI ke 73 sesuai perincian sebesar Rp1.6 milyar.

Kominfo Yahukimo