Lima Orang Meninggal di Distrik Hogio, Yahukimo

0
806

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com— Lima orang warga di distrik Hogio, kabupaten Yahukimo dikabarkan meninggal karena tidak ada pelayanan kesehatan dari dinas kesehatan yang ditempatkan di distrik tersebut.

Hengki Lungki, salah satu warga dari distrik Hogio kepada suarapapua.com pada hari Jumat, (3/8/2018) di Yahukimo mengatakan, semenjak kepala pustu yang baru hingga saat ini belum ada kunjungan  maupun pelayanan kesehatan yang baik di distrik Hogio. Hal ini mengakibatkan lima orang warga meninggal dunia karena sakit.

“Di kabupaten yahukimo khususnya di distrik Hogio, kepala pustu semenjak dilantik sampai saat ini belum pernah turun ke daerah untuk melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Karena kurangnya pelayanan kesehatan ini membuat warga tidak mendapat pelayanan kesehatan yang baik,” ungkapnya.

Lungki menambahkan, selain kepala pustu dan tenaga medis, ketersediaan obat-obatan juga tidak ada sehingga masyerakat yang sakit mulai dari bayi, balita, dan dewasa tidak mendapatkan pelayanan, hingga ada yang meninggal dunia.

“Tenaga medis dan obat-obatan tidak ada, sehingga masyarakat yang sakit tidak bisa berobat karena mau dirujuk ke Dekai juga tidak bisa karena pesawat tidak melayani  Hogio. Angka kematian di bulan ini sudah lima orang yang meninggal dunia,” katanya.

Ia berharap supaya pemerintah daerah kabupaten yahukimo dalam hal ini dinas kesehatan supaya mengontrol kepala-kepala pustu yang sudah dilantik supaya bisa turun ke daerah untuk melayani masyerakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Saya berharap supaya kepala dinas kesehatan kabupaten yahukimo supaya mengontrol setiap kepala-kepala pustu dari 52 distrik supaya mereka bisa turun ke daerah untuk melakukan pelayanan kesehatan kepada masyerakat yang membutuhkan,” harapnya.

Dari informasi yang dihimpun media ini, sebanyak lima orang yang meninggal ini satu orang anak-anak dan empat orang dewasa. Di Hogio ada Pustu tetapi tidak ada pelayan kesehatan dan tidak ketersediaan obat-obatan. Untuk sampai di Hogio, bias diakses dengan jalan darat naik mobil sampai ke Kurima. Dari Kurima jalan kaki ke Hogio selama dua sampai tiga hari lalu sampai di Hogio.

Terkait berita pelayanan kesehatan di distrik Hogio, hingga berita ini ditayang belum dikonfirmasi kepada bupati kabupaten Yahukimo, kepala dinas kesehatan kabupaten Yahukimo dan kepala pustu Hogio.

Pewarta : CR-7
Editor   : Arnold Belau