Bawaslu Paniai Tatap Muka dengan Panwasdis

0
3596

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Anggota komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Paniai bersama staf Bawaslu dan Panitia Pengawas Distrik (Panwasdis) setempat, melakukan pertemuan tatap muka, Selasa (28/8/2018), di Kantor Bawaslu Paniai, Madi.

Pertemuan itu dipimpin ketiga anggota komisioner Bawaslu Paniai, Martinus Pigai, Aser Kadepa dan Yafet Nawipa.

Ketua Bawaslu Paniai, Martinus Pigai sebagai pimpinan pertemuan, mengatakan dalam pertemuan pihaknya memperkenalkan identitas, kedudukan dan pembagian tugas dan wewenang mereka dalam lembaga Bawaslu Paniai.

“Kami sengaja buat pertemuan ini supaya dari staf bawaslu, panwas distrik sampai masyarakat umum juga biar tahu tentang tugas kami tiga di lembaga Bawaslu ini,” kata Tinus kepada suarapapua.com usai pertemuan.

Selain itu, kata Pigai,  pihaknya menjelaskan juga tugas dan tanggung jawab dari para anggota panwasdis itu sendiri.

Itu dilakukan, menurutnya karena mereka merupakan angkatan pertama yang diangkat Bawaslu RI dan Provinsi menjadi Bawaslu Kabupaten dalam hal soal sistem pelimpahan tugas dan wewenang.

“Tujuannya cuma satu demi kemajuan demokrasi di Paniai terus maju dan maju,” ucap Pigai.

Di kesempatan sama pihaknya juga memberikan arahan kepada panwasdis untuk menyiapkan laporan pada kegiatan evaluasi yang rencananya digelar dalam waktu dekat.

“Kami minta mereka siapkan laporan soal Pilkada Gubernur dan Bupati yang sudah mereka selenggarakan, supaya bisa dipaparkan nanti dalam kegiatan evaluasi yang akan kami buat dalam waktu dekat,” tuturnya.

Bersamaan, Aser Kadepa, koordinator Divisi Penindakan dan Sengketa Bawaslu Paniai, menambahkan, pertemuan digelar untuk menepis budaya kepentingan dalam merekrut panwasdis.

“Saat evaluasi nanti kami akan lihat siapa yang kemampuannya bagus dalam pemaparan laporan tetap kami rekrut, tetapi yang tidak, ya tidak kami rekrut. Karena kami mau yang jadi anggota panwasdis di era kami adalah yang berkualitas, bukan oleh atau dari kepentingan,” kata Kadepa.

Abed Gobai, anggota Panwas Distrik Kebo, mengatakan, lewat pertemuan itu dia dan kawan-kawannya menjadi semakin mengerti apa tugas dan tanggung jawab mereka.

“Saya secara pribadi banyak dapat ilmu baru lewat pertemuan tadi. Terutama aturan-aturan baru yang akan menjadi tugas kami nanti,” ucapnya.

Pewarta: Stevanus Yogi
Editor: Arnold Belau