Lazarus Siep: Perlu Ada Dukungan Anggaran dari Pemprov untuk Bangun Jalan Yahukimo – Wamena

0
1114

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Anggota Komisi IV DPR Provinsi Papua yang menangani bidang Infrastruktur, Lazarus Siep mengatakan, pemerintah kabupaten Yahukimo perlu diberikan dukungan anggaran untuk bangun jalan dari Yahukimo ke Wamena. 

Hal ini disampaikan Siep di kediamannya pada Rabu,(28/8/2018). Ia  mengapresiasi langkah Bupati Abock Busup untuk membuka akses jalan darat dari Yahukimo ke Wamena Kabupaten Jayawijaya. Untuk itu, ia menilai perlu ada dukungan anggaran untuk mengerjakan jalan tersebut.

Lazarus mengatakan, selama ini masyarakat Yahukimo sangat kesulitan akses transportasi darat menuju ke Wamena. Apalagi kata Lazarus, Yahukimo hanya bisa diakses melalui pesawat udara maupun jalur Sungai saja. Sedangkan, jalur darat belum terbuka sama sekali dengan kabupaten Jayawijaya.

“Jadi kami berharap Pemerintah Provinsi Papua juga memberikan dukungan anggaran untuk membuka keterisolasian warga Yahukimo ini, dengan membuka akses jalan darat Yahukimo ke Wamena,“ katanya

Ia menjelaskan, pembukaan jalan oleh Pemkab Yahukimo di perbatasan antara Kabupaten Yahukimo dengan Jayawijaya, baru-baru ini merupakan langkah tepat. Sebab, sejak 73 tahun Kemerdekaan RI, baru kali ini aspirasi rakyat Yahukimo untuk membuka akses jalan darat itu terjawab.

Namun, sebagai anggota Komisi IV DPR Papua, selama kurang lebih 3,5 tahun mengaku telah berupaya untuk memperjuangkan aspirasi tersebut.

“Aspirasi dari rakyat yang saya terima dan perjuangkan, sampai hari ini tidak pernah terjawab oleh eksekutif. Tapi, Pemkab Yahukimo telah berani membuka empat jalur khusus, ada dua jalur dari Yahukimo keluar yakni Dekai – Suru-suru tembus ke Silimo, Dekai menuju ke Kimyal. Juga Wamena – Mumugi – Werima – Soba dan lainnya, tembus ke Dekai,“ imbuhnya.

Untuk itu, ia berharap, Pemprov Papua dalam hal itu Gubernur Papua terpilih untuk membantu pembangunan jalan darat tersebut, apalagi lima tahun lalu rakyat Yahukimo telah mempercayakan suaranya, namun pihaknya masyarakat Yahukimo kerja bakti dan belum tersentuh pembangunan.

“Kami tahu anggarannya. Tahun ini, periode kedua telah mempercayakan kembali Lukas Enembe – Klemen Tinal menjadi gubernur, sehingga karena pemerintah sudah taruh anggarannya. Jadi kami minta gubernur terpilih nanti memberikan perhatian serius untuk Yahukimo,“ katanya.

 

Pewarta  : Ruland Kabak

Editor: Arnold Belau