Upacara Pengibaran Bendera HUT RI ke-73 di Kabupaten Yahukimo Berjalan Lancar

0
2125

DEKAI, SUARAPAPUA.com— Dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 Tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Yahukimo melaksanakan Upacara Bendera yang berlangsung pada hari  Jumat, (17/08/2018) di lapangan Kantor Bupati Baru.

Upacara bendera  yang berlangsung di lapangan kantor Bupati baru dimulai t pukul 09:45 WIT, yang dihadiri oleh; TNI AD, Brimob, Polri, Satpol PP, Satgas Yahukimo Bangkit, Korpri, Pramuka, SMA/K, SMP dan SD. Serta seluruh Muspida Kabupaten Yahukimo Sekaligus dilanjutkan dengan Upacara Penurunan Bendera yang dilaksanakan sore tadi jam 16:20 WIT.

Bupati Kabupaten Yahukimo menyampaikan HUT Kemerdekaan RI Tahun 2018 ini mendapat antusias dari warga masyarakat karena tradisi yang selalu dilakukan tiap tahun adalah Pemerintah yang menyiapkan dana sekaligus pemerintah juga yang membentuk panitia penyelenggara HUT Kemerdekaan RI tapi untuk tahun ini pemerintah tidak menyiapkan Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) untuk penyelenggaraan HUT tahun 2018.

“Karena selama ini kesan masyarakat bahwa HUT Kemerdekaan RI itu punya Pemerintah atau mereka yang mempunyai NIP saja. Tetapi tahun ini pemerintah daerah mencoba mengubah  pola pikir warga masyarakat dengan cara melibatkan semua warga masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, TNI, Polri dan Kepala Suku yang berada di Kabupaten ini,” kata abok

Sehingga, kata dia, dalam HUT Kemerdekaan RI tahun ini, kita bisa melihat bagaimana antusias dari warga masyarakat yang mau menyumbang baliho, bendera, umbul-umbul serta panggung yang dibuat dengan antusias masyarakat sendiri, dengan begitulah warga masyarakat bisa menghargai pejuang proklamator Bangsa Indonesia yang telah gugur.

Ia menambahkan, kesadaran dan antusias warga masyarakat Yahukimo sangat luar biasa di tahun 2018 ini, terlepas tanpa ada faktor paksaan dari pihak mana pun. warga masyarakat juga turut mengambil  bagian dalam beberapa kegiatan seperti Karnaval dan Jalan Santai serta beberapa lomba seperti Tarik Tambang, Lomba Catur dan Bulu Tangkis dan beberapa pertunjukan tari yang dibawakan dari anak-anak SD Negeri Dekai.

Abock berharap HUT Kemerdekaan RI Tahun depan bisa lebih meriah dari tahun ini,  sebab dimana selama ini Pemerintah yang menyiapkan anggaran dan Pemerintah juga yang menjadi panitia serta menyelenggarakan HUT Kemerdekaan RI tapi tahun ini kami mencoba memberikan ruang kepada seluruh lapisan masyarakat untuk turut berpartisipasi bersama kami Pemerintah.Sehingga Kegiatan HUT Kemerdekaan RI Tahun 2018 dapat berjalan dengan kondusif lancar. Dan kami harap tahun 2019 lebih meriah lagi dari sekarang.

Pewarta  :  Ruland Kabak

Editor: Arnold Belau