DPRD Sorsel Terima LKPJ Bupati Tahun 2017

0
4351

TEMINABUAN, SUARAPAPUA.com — Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Bupati Sorong Selatan dan Perhitungan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Sorong Selatan Tahun Anggaran 2017 diterima oleh 3 fraksi di DPRD Sorong Selatan.

Ketetapan ini disahkan dalam sidang paripurna 1 DPRD Sorsel yang berlangsung hari Rabu (5/9/2018), dihadiri oleh 17 angggota DPRD dan dipimpin Jefries N Kewetare, ketua DPRD Sorsel.

Bupati Sorong Selatan dalam sambutannya yang dibacakan  Wakil Bupati Sorong Selatan, Marthinus Salamuk menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD yang telah membahas LKPJ Bupati Sorong Selatan.

Baca Juga:  Dua Calon Anggota DPD RI Ancam Pidanakan Komisioner KPU Tambrauw

Wabup juga mengakui bahwa melalui sidang ini telah banyak mendapat masukan yang berharga dan semua perbedaan adalah dinamika dalam kerangka kepentingan pembangunan masyarakat Sorong Selatan yang lebih baik.

Setelah mendengar semua tanggapan akhir fraksi-fraksi terkait pengelolaan keuangan daerah, Wabup menyatakan bahwa pihaknya akan tetap konsisten melaksanakan seluruh proses pengelolaan keuangan daerah sesuai amanat regulasi yang berlaku baik undang-undang (UU), peraturan pemerintah (PP) maupun Permendagri yang mengatur tentang keuangan daerah.

ads

Menyangkut PAD yang minim, kata Wabup, akan ditingkatkan fungsi koordinasi dengan OPD yang memberikan kontribusi terhadap penerimaan asli daerah (PAD) serta perbaikan regulasi.

Baca Juga:  KPU dan Bawaslu PBD Akan Tindaklanjuti Aspirasi 12 Parpol

Dikemukakan terkait Raperda pemilihan kepala kampung dan penetapan kampung persiapan akan dijelaskan pada hearing DPRD dengan Pemkab Sorsel.

Sementara, persoalan guru dan medis yang tidak melaksanakan tugas, pihaknya akan lakukan evaluasi dan memberikan sanksi sesuai PP Nomor 53 Tahun 2010.

Ketua DPRD Sorsel dalam pidatonya menyatakan, tolak ukur keberhasilan pengelolaan keuangan daerah harus dibarengi dengan kepuasan dan kebahagiaan dari seluruh masyarakat Sorong Selatan.

Untuk itu, Jefries berharap adanya keseriusan dalam implementasi program di lapangan.

“Tentu kita kembali giatkan sektor usaha kita yang menjadi ikon seperti perikanan, pariwisata, perkebunan, peternakan dan usaha mikro lainnya yang pada muaranya kita semua akan menikmati hasil pembangunan tersebut,” ujar ketua DPRD Sorsel.

Baca Juga:  Berlangsung Mulus Tanpa Masalah, KPU Maybrat Diapresiasi

Sidang ini diawali dengan mendengarkan laporan komisi A, B dan C, dilanjutkan dengan mendengarkan pernyataan dari 3 fraksi DPRD Sorsel.

Pandangan akhir Fraksi Golkar dibacakan Jhon Kabie, Fraksi PAN yang disampaikan Bartholomeus Dorowe dan Wilhelmus Simath dari Fraksi Demokrat, dengan berbagai tanggapan dan masukan yang pada intinya menyatakan menerima LKPJ dan Laporan Perhitungan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Sorong Selatan Tahun Anggaran 2017.

Pewarta: Ferdinan Thesia
Editor: Mary Monireng

Artikel sebelumnyaDinkes Papua Barat Ajak Masyarakat Berantas Malaria
Artikel berikutnyaDPR Papua Barat Godok 4 Raperdasus Pro OAP