Dishub Yahukimo Serahkan Dokumen Feasibility Pelabuhan Pepera ke Dirjen Perhubungan

0
1137

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Dinas Perhubungan Kabupaten Yahukimo menyerahkan dokumen feasibility study kelayakan dan detail engineering design atau percepatan teknis kepada Dirjen Perhubungan Darat, Dirjen Kepelabuhanan Republik Indonesia dan anggota DPR RI.

Penyerahan dokumen itu dilakukan di Jakarta pada Rabu (12/9/2018).

Yakober Mendila, kepala dinas Perhubungan Kabupaten Yahukimo usai menyerahkan dokumen itu mengatakan, dokumen ini berkaitan dengan pembangunan pelabuhan Pepera di Yahukimo, terutama membangun sinergitas percepatan pembangunan di wilayah pegunungan Papua.

“Bagian ini merupakan terjemahan dari upaya mewujudkan visi misi daerah untuk membuka isolasi wilayah, salah satunya pengajuan program yang telah kami serahkan hari ini. Bagian ini penting agar dermaga Pepera di kampung Pepera ini bisa dibangun lebih representatif untuk memuat kapal yang berbobot besar,” kata Mendila kepada suarapapua.com via pesan singkat atau SMS.

Pelabuhan itu sendiri direncanakan dibangun untuk kapal berukuran besar yang bisa memuat muatan sebesar 1500 ton, yang tentunya tidak mempengaruhi air surut sungai Brasa.

“Jadi ini semua dalam upaya pencapaian visi dan misi Bupati Kabupaten Yahukimo pada periode 2016-2021. Kami dari Dinas Perhubungan telah melakukan apa yang menjadi tanggungjawab kami, agar visi dan misi itu benar-benar diwujudkan,” tuturnya.

John Mirin, anggota Komisi V DPR RI usai terima dokumen itu mengakui, dirinya akan memberikan dukungan besar terhadap dokumen ini dan tetap fokus untuk menyuarakan aspirasi masyarakat Yahukimo.

“Saya sebagai anggota DPR RI dari Dapil Papua akan meneruskan ke kementerian terkait,” kata John.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Elisa Sekenyap

print