Menelusuri 7 Keunikan Budaya Timur Tengah di Bahrain

0
7256
Bahrain (IST)
adv
loading...

JAKARTA, SUARAPAPUA.com— DIbandingkan wilayah-wilayah lainnya di Teluk Arab, nama Bahrain memang populer sebagai destinasi wisata. Namun kerajaan kaya minyak yang berlokasi tidak jauh dari Qatar ini ternyata memiliki cukup banyak atraksi menarik untuk dikunjungi. Terlebih kini, beberapa maskapai penerbangan global mulai melirik Bahrain sebagai hub transit yang sama bagusnya dengan Dubai atau Doha, namun dengan biaya lebih terjangkau.

Kebijakan bebas visa untuk kunjungan tidak lebih dari 24 jam, dapat kamu manfaatkan untuk menjelajah pusat kota yang tidak seberapa luas, namun memiliki banyak kejutan menarik. Dan jangan lupakan bahwa Bahrain merupakan satu dari sedikit negara Teluk yang memiliki gaya hidup moderat, di mana didukung oleh indeks kebahagiaan warganya yang cukup tinggi, membuat siapapun akan terkesan ketika mengunjunginya.

Qatar Airways menjadi salah satu maskapai penerbangan terbaik untuk menuju Bahrain, di mana kualitas armada dan layanannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Kamu akan merasa seperti ‘raja’ saat terbang dengan maskapai yang berkali-kali meraih predikat bintang lima terbaik di dunia itu.

Berikut adalah tujuh destinasi unik yang wajib kamu kunjungi di Bahrain.

  1. Manama

Ditunjuk sebagai ibukota budaya Arab pada tahun 2012, Manama memadukan tradisi dengan cakrawala gemerlap kontemporer. Ibu kota Bahrain adalah pusat perdagangan dan pusat keuangan di Teluk Persia. Skyline-nya mencakup dua set menara kembar, World Trade Centre dan menara Financial Harbor, serta bangunan tinggi bisnis dan perumahan lainnya. Untuk melihat ke Bahrain tradisional, kunjungi pasar Bab-Al-Bahrain, dengan gerbang melengkung sebagai pintu masuk dan kios-kios yang menjual segalanya mulai dari pakaian dan makanan hingga emas dan mutiara. Masjid Al-Fateh, terbuat dari marmer, mengesankan dengan kubahnya yang besar terbuat dari fiberglass yang bersinar di malam hari.

ads
  1. Riffa
Baca Juga:  Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

Terletak di pusat pulau utama Bahrain, Riffa memiliki beberapa permata bersejarah yang dilestarikan selama berabad-abad. Salah satunya adalah Benteng Riffa abad ke-19, dibangun dengan arsitektur khas Bahrain, terbuat dari tanah liat. The Riffa Bazaar dan Pasar Bukuwara Street adalah tempat terbaik untuk pergi mencari beberapa suvenir, dari kerajinan hingga potongan pakaian atau benda tembikar kecil. Menara Jam Riffa terletak di bagian barat kota, dan itu patut dikunjungi, karena menonjol di atas pemandangan kaki langir kota dalam kemegahan putih, dan menyala emas di malam hari.

  1. Muharraq

Ibukota lama Bahrain sampai 1932, Muhurraq adalah sebuah kota pulau di sekitar pulau-pulau buatan Amwaj yang dibangun baru-baru ini. Dengan tujuan menciptakan perumahan, hotel, dan pantai, seluruh wilayah Muharraq kini memiliki perpanjangan modern. Pasar tradisional kota, disebut souq, di mana kamu dapat menemukan segala macam makanan dan kerajinan tradisional, juga patut dikunjungi. Beberapa distrik menampilkan arsitektur tradisional, yang tertua di antara mereka distrik Fareej Al Bin Ali.

  1. Bani Jamra
Baca Juga:  Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

Terletak di bagian barat laut Bahrain, desa Bani Jamra sebagian besar dikenal untuk aktivitas penghuninya: menenun pakaian. Sebuah desa kecil di mana rumah-rumah dibangun berdekatan, Bani Jamra dulunya adalah komunitas penenun yang berkembang. Saat ini, sangat sedikit orang yang masih melakukannya, dan itu sebabnya lebih istimewa lagi jika kamu melihat untaian yang diimpor dari China dan India, dimasukkan ke dalam jubah Arab yang dikenakan pria dan wanita. Proses penenunan rumit mengungkapkan pola rinci dalam banyak warna.

  1. A’ali

Salah satu kota terbesar di Bahrain, A’ali terletak di bagian utara pulau utama, hanya 20 kilometer dari Manama dan di utara Riffa. Terkenal dengan gundukan pemakamannya yang berasal dari zaman kuno, tersebar di seluruh bagian tengah kota. Artefak budaya telah ditemukan di gundukan pemakaman ini, dan mereka dapat dilihat di museum negara, didedikasikan untuk sejarah gundukan. A’ali juga dipenuhi dengan butik tembikar tempat kamu bisa mengagumi kerajinan terkenal yang dibuat penduduk setempat.

  1. Al Jasra
Baca Juga:  Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

Terletak di pantai barat pulau utama Bahrain, Al Jasra paling terkenal untuk pusat kerajinan tradisionalnya. Komunitas kecil ini dibagi menjadi ruang-ruang di mana pengrajin lokal bekerja menghasilkna seni dan kerajinan tradisional. Banyak dari mereka adalah pengrajin tembikar yang mengolah tanah liat atau penenun. Kerajinan lain yang bisa kamu lihat adalah boneka atau perahu. Kamu dapat membeli salah satu artefak yang dibuat di sini. Kawasan ini juga memiliki taman di bagian tengah untuk bersantai dan relaksasi.

  1. Al Budaiya

Terletak di pantai barat laut pulau utama Bahrain, Al Budaiya terletak di daerah yang kaya akan tumbuhan karena tanahnya disebut paling subur di negara tersebut. Meskipun deforestasi konstan untuk konstruksi dan modernisasi, kamu masih dapat melihat pohon-pohon palem Al Budaiya dan vegetasi yang menaungi tempat dari matahari gurun yang menyengat. Karena Al Budaiya adalah kota pantai, banyak penduduk mengambil bagian dalam kegiatan seperti menyelam dan memancing mutiara, meskipun dalam jumlah yang jauh lebih kecil daripada di awal abad ke-20.

REDAKSI

Artikel sebelumnyaSaksi Ungkap FN Tidak Sebut Kata Bom
Artikel berikutnyaMeki Nawipa Bayarkan Kontrakan Mahasiswa Paniai di Makasar