ArtikelOpiniMasyarakat Papua dan Teknologi Modern

Masyarakat Papua dan Teknologi Modern

Oleh; Alfrudus Dumupa, S.Kom)*

Perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang begitu pesat, semenjak ditemukannya mesin dan komputer. Dunia teknologi mengalami perkembangan yang begitu cepat, sehingga di berbagai belahan bumi muncul inovasi teknologi.

Masyarakat Papua awalnya tidak mengenal konsep teknologi moderen. Keadaan masyarakat Papua pada masa pra sejarah, hanya mengenal cara mencari makan, berburu, serta mengolah makanan dengan peralatan yang sederhana. Di masa itu masyarakat Papua hanya menggunakan alat bantu yang digunakan sangatlah sederhana, terbuat dari bambu, kayu, batu, dan bahan sederhana lain yang mudah mereka jumpai di alam bebas. Misalnya untuk membuat perapian, ia memanfaatkan rotan, kayu dan rumput memunculkan percikan api. Dan semua itu di lakukan hanya untuk bertahan hidup.

Pada awalnya dunia teknologi berkembang secara lambat. Namun seiring dengan kemajuan tingkat kebudayaan dan peradaban manusia di belahan dunia ini, perkembangan teknologi berkembang dengan cepat. Semakin maju kebudayaannya, semakin berkembang teknologinya, karena teknologi merupakan perkembangan dari kebudayaan yang maju dengan pesat. Teknologi yang berkembang dengan pesat, meliputi berbagai bidang kehidupan manusia. Masa sekarang nampaknya sulit memisahkan kehidupan manusia dengan teknologi, bahkan sudah merupakan kebutuhan manusia. Awal perkembangan teknologi yang sebelumnya merupakan bagian dari ilmu atau bergantung dari ilmu, sekarang ilmu dapat pula bergantung dari teknologi.

Baca Juga:  Indonesia Berpotensi Kehilangan Kedaulatan Negara Atas Papua

Inovasi terbaru dari dunia teknologi tentu tujuan utamanya membuat manusia lebih mudah dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. Dari yang dulunya kita perlu berhari-hari mengirimkan kabar ke seberang pulau melalui surat atau menitip pesan melalui orang lain, kini kita hanya butuh smartphone untuk berkomunikasi jarak jauh. Di era teknologi tinggi seperti saat ini, informasi bisa didapatkan dengan mudah. Terlebih dengan adanya berbagai jenis jejaring sosial. Selain bisa memperoleh informasi dengan cepat dan mendapatkan manfaat yang baik, ternyata perkembangan teknologi seperti saat ini memberi dampak buruk juga kepada manusia lain tanpa terkontrol. Untuk itu masyarakat Papua disarankan agar bijak dalam mengunakan dan memanfaatkan teknologi masa kini.

Baca Juga:  Adakah Ruang Ekonomi Rakyat Dalam Keputusan Politik?

Kehadiran smartphone ini sudah mengubah secara radikal setiap aspek kehidupan masyarakat Papua, dari sifat interaksi sosial dengan kesehatan mental. Perubahan ini telah mempengaruhi orang Papua terlebih khusus kaum muda anak-anak Papua di setiap aktifitasnya.

Pengaruh teknologi masa kini telah merubah dan melahirkan generasi positif, juga negativ tergantung kita menggunakannya. Sebuah perbandingan generasi antara orang Papua dulu dan kini sudah jauh berbeda, bahwa sudah nampak generasi kini lebih nyaman di kamar tidur mereka daripada komunitas langsung di lingkungan sosial.

Baca Juga:  Vox Populi Vox Dei

Pola hidup masyarakat papua kini mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Kehidupan yang semakin modern membawa manusia pada pola perilaku yang unik, yang membedakan individu satu dengan individu lain dalam persoalan gaya hidup.

Namun, tak sadar bahwa teknologi juga dapat mempengaruhi dan mengeser budaya dan tradisi masyarakat Papua yang mesti dipertahankan dari generasi ke generasi.

Tak terbayangkan lagi bagaimana teknologi akan merubah gaya hidup masyarakat Papua di masa mendatang. Sudah siapkan masyarakat Papua menerima teknologi modern?

)* pemerhati masalah sosial Papua

Terkini

Populer Minggu Ini:

TPNPB: Serangan Udara TNI-Polri Mengebom Wilayah Pengungsi di Ndugama Tidak Seimbang

0
“Maka pilot ini [kapten Philips Mark Mehrtens] akan kami bawa keliling di medan perang sampai mati sama-sama dengan kami TPNPB-OPM Kodap III Ndugama Derakma.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.