Toni UK, Setiap Tahun Akan Adakan Festival Seni Budaya

0
7242

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com— Toni Uk, ketua Dewan Kesenian Yahukimo, mengatakan para pengurus dewan kesenian daerah daerah Yahkimo akan bicarakan program-program kerja. Salah satunya adalah mengadakan festival budaya setiap tahun. 

Hal tersebut disampaikan Toni, setelah Pelantikan dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Kesenian  Kabupaten Yahukimo, yang berlangsung pada Rabu, (12/9/2018) bertempat di Aula Pendidikan Kabupaten Yahukimo Papua.

“Kami  akan membicarakan  program-program  yang akan dilaksanakan di bidang kesenian, bidang  kebudayaan, bidang  sastra, bidang  seni ukir, dan seni  tari,” jelas Toni.

Selain itu, Dewan Kesenian Daerah akan mengadakan Festival Seni Budaya setiap tahunnya di Yahukimo. Festival tersebut dimaksudkan agar anak-anak Yahukimo bisa mengenal budayanya masing-masing.

“Setiap tahun, kami juga akan  mengadakan  festival  budaya seperti di Wamena, Jayapura, Asmat, dan Merauke,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala suku Meck secara terpisah mengungkapkan bahwa Yahukimo terdiri dari 12 suku sehingga pembentukan dewan kesekian daerah ini sangat bagus dan penting.

”Saya sangat mendukung pembentukan dewan kesenian daerah ini. Ini penting sekali bagi Yahukimo yang besar dan terdiri dari banyak suku ini,” ungkap Matias Suu.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Dewan Kesenian Provinsi Papua yang telah memfasilitasi pembentukan Dewan Kesenian Daerah Yahukimo ini.

“Terima  kasih juga kepada  dewan  kesenian provinsi Papua yang  datang, dan  juga  ketua yang  melantik  kemarin. Kami  dari  12 suku  mendukung untuk menampilkan semua  budaya  yang  ada di  kabupaten Yahukimo. Dan  kami juga ucapkan terima kasih kepada  pemerintah  daerah  yang  mendukung untuk 12 suku  ini menampilkan budaya  masing-masing,” katanya.

Sumber : nokenwene.com