Dishub Yahukimo Mengunjungi Panti Asuhan Efata

0
1348

YAHUKIMO,SUARAPAPUA.com— Dinas Perhubungan Kabupaten Yahukimo telah mengunjungi panti asuhan Efata. Salah satu panti asuhan yang ada di Kota Dekai pada hari Jumat,(21/9/2018).

Dalam kunjungan tersebut, dinas perhubungan memberikan bantuan  sosial berupa Bahan dan Makanan (Bama). Bantuan tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Yayasan Kasih Persaudaraan Moolenbroek (YKPM) yang mengelola Panti Asuhan Efata Dekai di Km 3 Jl. Seradala, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

“Bantuan sosial ini diserahkan sebagai bentuk kepedulian dinas perhubungan terhadap kehidupan anak-anak di Panti Asuhan Efata,” kata Joko di Yahukimo.

Sebelumnya pada Senin, (17/9/2018) pengurus dan anak-anak Panti Asuhan diundang oleh Joko Harjani, Kepala Bandara Udara Nop Goliat Dekai untuk menghadiri acara donor darah yang diselenggarakan oleh Bandar Udara Nop Goliat Dekai.

“Sebelum kunjungan dan penyerahan bantuan sosial ini kami telah membangun kerjasama dengan Panti Asuhan Efata. Salah satunya dalam kegiatan donor darah, 47 anak bersama pengelola Panti Asuhan Efata dan pengurus YKPM pun diundang,” jelas Harjani.

Agustinus Felle dalam kesempatan penyerahan bantuan sosial tersebut mengungkapkan bahwa kerjasama yang telah dibangun ini akan dipertahankan dan dikembangkan terus ke depannya.

“Kerjasama ini sudah dibangun dan harap semakin baik ke depannya. Kita peduli karena meski dengan gedung dan fasilitas yang tidak memadai, Yayasan Kasih Persaudaraan Moolenbroek berkeinginan untuk mengumpulkan dan mengasuh anak-anak yatim piatu  dan anak-anak dengan latar belakang keluarga tidak mampu. Ada banyak hal yang perlu dibenahi agar menjadi lebih baik seperti pentingnya memasang papan nama”, jelas Felle.

Pihak Bandar Udara Nop Goliat berencana untuk melanjutkan kerjasama ini dengan kembali mengunjungi Panti Asuhan Efata pada bulan Desember 2018.

Dalam kesempatan yang sama, Timeus Aruman menyampaikan terima kasih atas kepedulian pihak Bandar Udara Nop Goliat Dekai melalui kunjungan kerjasama dan bantuan sosial bagi Panti Asuhan Efata Dekai.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak atas kerja sama dan bantuan yang diberikan kepada kami oleh Kepala Bandara Nop Goliat Dekai,” ucap Aruman kepada nokenwene.com seperti dikutip media ini.

Hingga saat ini, Panti Asuhan Efata Dekai telah mengumpulkan 47 anak yatim piatu dan anak-anak dengan latar belakang ekonomi yang lemah. Anak-anak tersebut kini sedang sekolah dan juga dididik di Taman Bacaan Masyarakat YKPM pada setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat setelah pulang sekolah.

“Kami sudah mengumpulkan 47 anak Yatim Piatu dan anak berlatar belakang ekonomi lemah, yang terdiri dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. Dan saat ini ada pembinaan khusus melalui program Taman Bacaan Masyarakat (YKPM) setiap hari senin, rabu dan jumat pada sore hari,” jelas Aruman.

Meskipun telah menampung dan mendidik 47 orang anak, panti asuhan Efata belum memiliki gedung sendiri sebagai asrama tempat tinggal anak-anak.

“Kami diberikan rumah oleh adik Daud Aluwa untuk dijadikan sebagai Panti Asuhan. Dan ini merupakan kontribusi swadaya pengelola Panti Asuhan”, jelas Aruman.

Untuk pengembangan lebih lanjut, pengelola Panti Asuhan sekaligus pengurus YKPM meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Yahukimo melalui instansi terkait agar memberikan perhatian serius seperti yang dilakukan oleh Kepala Bandara Nop Goliat Dekai.

“Kami meminta agar pemerintah bisa memberikan bantuan serupa juga. Atau bila perlu mengunjungi kami di Panti Asuhan saat kami melaksanakan proses belajar kegiatan ekstrakurikuler di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) YKPM” harap Aruman.

Pewarta : Ruland Kabak

Editor: Arnold Belau