SMA Negeri 1 Dekai Selenggarakan Lomba Tulis dan Baca Cerpen Tingkat SMA

0
2735

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com — Pemerintah Kabupaten Yahukimo melalui Dinas Pendidikan dan Pengajaran telah menyelenggarakan lomba menulis dan membaca cerita pendek (Cerpen) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota Dekai, Yahukimo, Sabtu (29/09/2018) kemarin. Kegiatan yang diikuti oleh lima SMA yang ada di kota Dekai tersebut dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Dekai.

Sebelum mengadakan lomba ini, telah diadakan sosialisasi tentang pentingnya literasi. Yang menjadi peserta adalah perwakilan SMA Anugerah Dekai, SMA Anggruk, SMA Negeri 2 Dekai, SMA Negeri Ninia, dan SMA Negeri 1 Dekai yang menjadi penyelenggara kegiatan.

Baca Juga:  Ancaman Pada Bumi Tinggi Akibat Investasi, Aries Ap Ajak Tanam Pohon Bersama

Rika Novita, koordinator lomba cerpen ini mengatakan, lomba diadakan untuk menambah minat membaca dan menulis pada siswa-siswi yang ada di Dekai. Sebab menurutnya, kebanyakan siswa-siswi di Dekai kurang minat membaca dan menulis.

“Sebelum adakan lomba kita adakan sosialisasi. Dalam sosialisasi itu kami mengajak anak-anak untuk membaca buku,membaca buku itu buku apa saja yang penting yang positif sehingga bisa memperlancar dan menambah kemampuan untuk membaca,” kata Novita.

Baca Juga:  Puspom TNI Terkesan Tertutup Proses Hukum 13 Tersangka Penyiksaan Warga Sipil di Puncak

Lanjut Novita, seluruh peserta yang mengikuti lomba sebanyak 20 peserta. Novita berharap, dengan kegiatan lomba ini, anak-anak bisa meningkatkan minat membaca dan menulis. Dan untuk pada lomba tahun yang akan datang, anak-anak bisa mengikuti lebih banyak dari tahun ini.

ads

Sementara itu, Indri Rate Pasang, peserta lomba yang meraih juara 1 menyampaikan, ia bersyukur kepada Tuhan karena dari 20 peserta lomba cerpen, dirinya bisa keluar sebagai juara 1 lomba cerpen pada tahun ini.

Baca Juga:  Ketua DPC Partai Demokrat Resmi Terima Surat Tugas DPP, Siap Bersaing Dalam Pilkada 2024

“Saya bersyukur kepada Tuhan, karena saya bisa menang karena berkat Tuhan dan doa dari orang tua. Dan dan untuk persiapan, saya belajar dari kemarin malam hingga tadi pagi,” kata Indri.

Indri berharap, untuk kedepanya dirinya memohon dukungan doa sehingga pada lomba yang akan datang dirinya bisa mengikuti lomba di pentas nasional mewakili sekolah, dan Kabupaten Yahukimo pada umumnya.

Pewarta: Ruland Kabak
Editor: Bastian Tebai

Artikel sebelumnyaPemadaman Listrik Bergilir Akan Terjadi di Dekai
Artikel berikutnyaSinode GKI-TP akan Laksanakan Raker Am II di Klasis Sarmi Barat