6 Cara Liburan Hemat ke Yogyakarta

0
70

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Selain ibu kota Jakarta, kota yang memiliki predikat daerah istimewa lainnya ialah DIY atau Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak heran jika kota yang terkenal dengan bakpia patuk ini memiliki predikat daerah istimewa, karena selain dipimpin oleh sultan, Yogyakarta merupakan kota yang tidak mudah untuk dilupakan.

Bagaimana tidak? Pesona yang diberikan oleh kota ini begitu magis mempesona, membuat siapa saja yang pernah berkunjung ingin datang kembali. Kengahatan dan kemarah-tamahan masyarakat yogya memberikan kerinduan tersendiri. Belum lagi keindahan kota ini yang memberikan percikan budaya jawa yang sangat kental.

Banyaknya pilihan moda transportasi membuat Yogyakarta sering menjadi destinasi vakansi atau bahkan untuk liburan singkat. Anda juga tidak perlu khawatir akan pengeluaran Anda, karena biaya hidup di Yogyakarta relatif lebih murah dibandingkan kota besar Jakarta. Selain itu, dalam arti

kel ini juga berisikan enam cara liburan hemat ke Yogyakarta. Segera siapkan barang bawaan Anda dan membeli tiket Daytrans Jogja sebagai moda transportasi Anda menuju Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga:  Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

Menggunakan Bus

ads

Meskipun banyak pilihan moda transportasi yang bisa Anda gunakan untuk menuju Yogyakarta, Anda bisa memilih bus untuk liburan hemat ke Yogyakarta. Tiket bus juga relatif lebih murah dibandingkan naik pesawat maupun kereta. Walaupun jarak tempuh dan waktu yang dibutuhkan cukup lama untuk sampai tujuan, tetapi sebanding dengan pemandangan indah nan menakjubkan di sepanjang perjalanan Anda. Sehingga Anda tidak perlu ragu untuk memilih perjalanan dengan menggunakan bus.

Menentukan Tempat-tempat yang Akan Dituju

Sebelum memulai liburan Anda di Yogyakarta, ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu tempat-tempat wisata yang akan Anda kujungi. Dengan begitu Anda bisa memperkirakan pengeluaran Anda dan mempersiapkannya agar tidak terjadi pemebengkakan dalam budget.

Selain itu dengan sudah menentukan tempat-tempat yang ingin dituju, Anda bisa mencari penginapan yang strategis dengan tempat-tempat wisata yang popler, hal ini dilakukan agar meminimalisir biaya pengeluaran akomodasi Anda.

Baca Juga:  Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

Berjalan Kaki

Tips yang satu ini sedikit berelasi dengan tips sebelumnya. Karena Anda sudah menentukan tempat-tempat yang ingin dituju, Anda bisa mencari penginapan yang berada di dekat tempat-tempat tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menuju destinasi wisata hanya dengan berjalan kaki, jadi Anda tidak perlu repot-tepot untuk mengeluarkan biaya transportasi, dan liburan hemat Anda menjadi terealisasi.

Sewa Motor

Jika Anda ingin lebih menjelajahi keindahan dari kota Yogyakarta ini, alih-alih menyewa mobil agar lebih hemat Anda bisa menyewa motor sebagai kendaraan Anda untuk berkeliling. Selain murah, menyewa motor juga dirasa lebih praktis. Anda bisa menjelajahi destinasi-destinasi yang memukau Yogyakarta yang terkadang tersembunyi dan harus melewati gang-gang yang kecil.

Mencari Penginapan yang Murah

Hal yang tidak boleh terlewat saat sedang berlibur yaitu menentukan tempat untuk bermalam. Mencari-cari penginapan yang cocok dengan harga yang murah perlu dilakukan guna melakukan perjalanan dengan hemat. Alih-alih menginap di hotel berbintang lima nan mewah, Anda bisa memilih penginapan yang hanya memiliki bintang dua. Di Yogyakarta hotel berbintang dua biasaya sudah cukup nyaman dengan fasilitas yang lengkap dan juga memiliki tarif yang jauh lebih murah.

Baca Juga:  Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

Mencari Tempat Makan yang Murah

Jika sudah berbicara perut memang tidak boleh pilih-pilih, apalagi makanan sangat penting untuk menabah energi Anda saat tengah aktif berpergian. Namun, bagi Anda yang ingin berlibur hemat di Yogyakarta, hindarilah makan di restoran yang mewah dan mahal. Cukup dengan mengunjungi warung-warung makan sederhana yang ada di Yogyakarta. Selain lebih murah, Anda juga akan merasakan berkulineran khas Yogyakarta dengan kehangatannya.

Tambahan tips untuk mencari tempat makan yang murah, adalah dengan menghindari makan di tempat wisata yang biasa mematuk harga tinggi. Sebisa mungkin bertanya harga sebelum makan, jika tidak ada informasi harga di menu pilihan, agar tidak terjebak harga yang tinggu sesusai makan.

REDAKSI

Artikel sebelumnyaSaya dan Aktivitas di Kantor Dinas Pendidikan Paniai
Artikel berikutnyaGaya Hidup Modern Versus Gaya Hidup Sederhana