ULMWP Dukung Pengurus Baru KNPB

0
3862

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Pemilihan dan pelantikan pengurus baru Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Jumat (26/10/2018), disambut hangat petinggi United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

Wakil ketua ULMWP, Octovianus Mote, mengaku senang mendengar adanya peralihan kepemimpinan di tubuh KNPB yang berlangsung aman dan damai.

“Saya ikut bangga dan bahagia melihat peralihan kepemimpinan yang damai sesuai kemampuan. Saya bangga melihat kepemimpinan baru yang luar biasa. Rakyat Papua mari bangkit dukung guna percepat kemerdekaan Papua,” tulis Mote di dinding akun facebooknya menanggapi informasi pelantikan pengurus KNPB Pusat hasil kongres kedua yang dilaksanakan selama tiga hari (23-25/10/2018) di Jayapura.

Mantan wartawan Kompas ini tak lupa menyampaikan congratulations kepada pengurus KNPB.

“Selamat bukan saja karena pergantian berjalan damai, tidak ada manipulasi satu kelompok atas kelompok lainnya. Tetapi juga karena KNPB duduk bersama, masing-masing jujur buka kemampuan dan kekurangan pribadi. Rumuskan tantangan kedepan dan bagi tugas sesuai dengan talenta yang Tuhan berikan. Bukan baku gilir antara kelompok atau pantai gunung dan macam-macam dikotomi pemecah belah kesatuan.”

Lanjut Mote, “Adik-adik, kalian hebat karena sebagai motor perjuangan Papua merdeka, kalian mampu beri contoh kepada orang Papua lain yang rebutan kursi kekuasaan.”

Ia juga mengucapkan selamat kepada kepengurusan lama dibawah kepemimpinan Victor Yeimo dan Ones Nesta Suhuniap yang sukses antar KNPB hingga kini.

“Dan bangga kepada adik Agus Kosay dan Vero Hubi yang ambil tongkat estafet kepemimpinan KNPB. I am so proud of you all,” demikian Mote sembari mengajak kepada bangsa Papua untuk bangkit berdiri di belakang leadership baru ini sukseskan agenda nasional menuju Papua Merdeka.

Rasa hormat yang terdalam diungkapkan ketua ULMWP, Benny Wenda.

“Atas nama ULMWP saya mengirimkan salam saya kepada KNPB pada Kongres Tahunan ke-10 dan saya berharap bahwa hasil kongres ini akan membawa kabar baik bagi orang-orang kita,” tulis Benny di website resmi ULMWP.

Benny menyampaikan harapan agar KNPB makin menunjukkan kedewasaan dan menjadi contoh yang menginspirasi dalam perjuangan bagi West Papua.

“Saya berharap bahwa itu akan terus bekerja dengan Komite Aksi ULMWP dan semua orang dari semua organisasi, mari kita semua bersatu sebagai bagian dari ULMWP.”

Pesan persatuan tersebut ditegaskan sebab menurut Wenda, sekarang waktunya bagi semua orang untuk bersatu dan bekerja sama demi mendukung pekerjaan ULMWP mencapai tujuan kemerdekaan Papua Barat.

“Senjata terbesar kita untuk melawan Indonesia adalah kesatuan,” tulisnya.

Kepengurusan KNPB Pusat hasil kongres kedua memilih dan menetapkan Agus Kosay sebagai ketua umum, Warpo Wetipo sebagai ketua 1, dan Fero Hubi sebagai sekretaris umum. Mereka dipilih peserta kongres yang memiliki hak suara dari 32 KNPB wilayah dan konsulat di Tanah Papua.

Kepengurusan dilengkapi komisariat dan bidang-bidang. Pelantikan itu sendiri, sejauh pantauan suarapapua.com, berlangsung di kantor sekretariat dengan meriah disertai pujian dan doa. Meski sempat dihalangi aparat kepolisian dari Polres Jayapura Kota, sehingga molor dari jadwal yang direncanakan sebelumnya.

Mantan ketua umum KNPB, Victor F. Yeimo, usai melakukan pelantikan, menyampaikan ucapan selamat kepada ketua yang baru terpilih.

“Saya ucapkan selamat atas terpilihnya sekaligus dilantiknya saudara Agus Kosay ketua umum, Warpo Wetipo ketua satu, dan saudari Fero Hubi sebagai sekretaris umum KNPB. Untuk itu, saya ucapkan selamat dan kita harus mengakhiri,” tandasnya.

Pewarta: CR-4
Editor: Mary Monireng

print