Pesan Rektor Uncen Pada Pelantikan Pengurus Asrama Rusunawa

0
1329

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura menyampaikan pesan dan harapan kepada ketua asrama bersama pengurus dan penghuni agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar komplek asrama Uncen.

“Pengurus baru yang telah dilantik hari ini harus memberi contoh kepada anggota, mampu melakukan tugas dengan baik, menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar komplek asrama ini,” pesan Dr. Apolo Safanpo, usai pelantikan pengurus asrama Rusunawa Uncen periode 2018-2019, di Waena, Kamis (1/11/2018).

Selain itu, Rektor Uncen berharap agar pengurus asrama harus berkoordinasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas, atau dengan organisasi lain yang ada.

“Pengurus baru harus membangun komunikasi yang baik dengan BEM dan lembaga Uncen,” ujarnya.

Rektor juga menyatakan sangat mendukung dengan penyampaian dari ketua BEM Universitas tentang larangan mengkonsumsi minuman keras (Miras) di sekitar kampun Uncen, baik kampus baru maupun kampus lama.

“Selama ini kami pimpinan lembaga selalu ketemu orang mabuk di belakang kampus Uncen. Harus diingat bahwa minum mabuk itu bukan budaya kita orang Papua,” tegas Safanpo.

Rektor Uncen mengungkapkan, nekek moyang dan orang tua dulu di Tanah Papua tidak mengenal Miras. Minuman beralkohol itu budaya orang luar yang belakangan marak beredar di Tanah Papua.

“Saya ulangi lagi, miras sangat berbahaya. Itu bukan budaya orang Papua. Semua jaga diri dari miras, lebih baik fokus belajar untuk kejar cita-cita,” tuturnya.

Rektor juga berharap, “Badan pengurus asrama yang baru harus kerja sama dengan BEM, untuk menjaga kampus Uncen. Saya juga selalu sampaikan bahwa kalau mau demo menyampaikan aspirasi itu silakan, tetapi jangan palang kampus. Karena kalau palang, yang rugi adalah kita sendiri.”

Sebelumnya, Fery Kombo, ketua BEM Uncen, dalam sambutannya tidak banyak berjanji, namun selama kepemimpinannya akan menjaga ketertiban di lingkungan kampus.

“Pertama-tama, kampus Uncen harus bebas dari miras,” ujar Fery.

Diakuinya, beberapa hari yang lalu sudah berkomitmen untuk setiap hari akan pantau di kampus Uncen. Jika kedapatan, ia akan turun langsung untuk mengamankan.

Pesan kedua, menurut Fery, bangun komunikasi dan koordinasi sangat penting.

“Adik ketua yang baru saja didoakan oleh hamba Tuhan dan dilantik oleh bapak rektor, kita harus saling berkoordinasi, baik di internal maupun eksternal,” tandasnya.

Musa Hisage terpilih sebagai ketua, wakil ketua Yali Yahuli dan sekretaris Arvi Asso. Mereka dilantik di lapangan Futsal Perumnas III Waena. Pelantikannya berlangsung dalam ibadah bersama. Dihadiri Rektor Uncen, pengurus BEM Uncen dan penghuni asrama Uncen.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Mary Monireng